550 Warga Mengungsi Akibat Angin Kencang di Kota Batu

Kota Batu, relawan.id – Angin kencang disertai tiupan pasir merusak sejumlah bangunan dan menutup akses jalan raya di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Akibatnya 550 warga terpaksa mengungsi hingga Ahad (20/10/2019) malam.

Hingga Ahad malam, pengungsi menempati tiga lokasi yakni Balai Desa Punten, Balai Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji dan rumah dinas Wali Kota Batu.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, badai angin yang disertai pasir hampir melumpuhkan aktivitas warga Desa Sumberbrantas, Bumiaji, Kota Batu.

“Hingga Minggu malam ini angin di lokasi masih berhembus kencang. Seluruh aktivitas di Desa Sumberbrantas lumpuh total, warga kita ungsikan ke tempat yang aman,” ujar Rochim.

Ia menambahkan sejumlah rumah dilaporkan roboh, pepohonan dan baliho pun tak luput dari kencangnya angin. Bahkan akibat akses jalan raya alternatif dari Kota Batu hingga Mojokerto terpaksa ditutup demi keselamatan pengendara.

“Di sana banyak rumah, pohon, baliho, dan fasilitas umum lainnya yang rusak. Listrik dan komunikasi di lokasi masih terganggu. Jalan raya Batu-Mojokerto melalui Cangar kita tutup demi keamanan,” ujarnya.

Hingga Minggu malam tim gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, dan relawan masih menyisir sejumlah permukiman untuk mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman.

“Tim kami masih bergerak mengevakuasi warga hingga malam ini. Kondisi di lokasi angin masih cukup kencang dan membahayakan,” ucapnya.