MRI Banten dan Mathla’ul Anwar Care Gelar Bersih-Bersih Sampah di Sungai Cisuwuk

Banten, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banten bersama Mathla’ul Anwar Care (MA Care) menggelar bakti sosial dengan bersih-bersih sampah yang terdapat di Sungai Cisuwuk, Ahad (27/10/2019).

Menurut Humas MRI Banten, Syarief, sungai mempunyai banyak kegunaan bagi orang-orang, terutama yang tinggal di dekatnya. Biasanya sungai dimanfaatkan sebagai salah satu bentuk transportasi, rekreasi, dan sarana penunjang sanitasi.

“Banyaknya sampah yang menumpuk di sungai membuat kita para relawan bersama MA Care perlu untuk membersihkannya, untuk mengurangi risiko banjir. Kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan membuat sungai semakin dangkal dan sempit, sehingga kesulitan menampung air hujan yang mengakibatkan banjir,” ungkapnya, Ahad (27/10/2019).

Selain itu, kata Syarif, air sungai yang kotor dan penuh sampah dapat mengundang wabah penyakit bagi masyarakat, terutama yang tinggal di sekitarnya, terkadang warga sekitar menggunakan sungai untuk mandi, minum, dan memasak.

“Jika menggunakan air yang kotor dan terkontaminasi bakteri, tentunya akan berbahaya bagi kondisi kesehatannya. Biasanya penyakit yang menyerang adalah gatal-gatal pada kulit, demam berdarah, muntaber, dan diare. Oleh karena itu, bersih-bersih sungai harus dilakukan secara berkala untuk menjaga agar penyakit tersebut tidak mewabah,” tuturnya.