Ini Cara Praktis Hilangkan Bau Tak Sedap pada Wadah Plastik

Jakarta, relawan.id – Membawakan bekal sekolah ataupun kantor sudah jadi rutinitas banyak Ibu. Biasanya, makanan dimasukkan ke dalam wadah plastik atau wadah kedap udara supaya kondisi tetap baik sampai jam makan tiba.

Wadah plastik ini juga dianggap lebih ramah lingkungan karena bisa digunakan berulang kali. Nah, karena digunakan berulang kali untuk waktu yang lama inilah, tak jarang wadah plastik jadi menyerap bau tak sedap.

Hasilnya, bau ini bisa masuk ke dalam makanan dan tentu saja membuat kenikmatan makanan jadi berkurang.

Tak mau hal ini terjadi kan? Ada beberapa cara menghilangkan bau amis makanan pada kotak bekal plastik.

Baking soda

Baking soda memang menjadi bahan dapur yang multifungsi. Cukup ambil satu sendok makan dan balurkan menyeluruh pada wadah yang sudah dibasahi. Biarkan selama 30 menit atau lebih dan cuci bersih.

Ampas kopi

Ampas kopi memiliki bau yang kuat dan sangat bisa menghilangkan bau amis atau sisa makanan pada wadah plastik. Ambil ampas kopi secukupnya dan oles merata pada wadah bekal makanan. Biarkan agak lama baru bilas dan cuci dengan sabun cuci piring.

Kertas koran


Mungkin cara ini cukup unik tapi juga cukup efektif dan layak dicoba. Ambil kertas koran secukupnya, celupkan dengan air dan isi di dalam wadah plastik. Serat kertas koran akan menyerap bau amis atau tak sedap pada wadah. Biarkan semalaman.

Abu arang

Jika kebetulan masih punya abu sisa bakar-bakar, ambil secukupnya dan gosokkan pada wadah plastik dengan sedikit air. Biarkan agak lama sebelum dibilas. Abu arang juga bisa dibeli di toko.

Cuka

Cuka juga sangat baik menghilangkan sisa bau pada wadah bekal makanan. Tuang secukupnya, ratakan pada wadah dan biarkan kurang lebih 1 jam, bilas bersih dan cuci dengan sabun cuci piring.