Ini Tips Menjaga Kesehatan Saat Relawan Terjun ke Lokasi Bencana

Jakarta, relawan.id – Menjadi relawan di berbagai kegiatan atau organisasi sosial merupakan salah satu pilihan bagi kamu yang ingin berbuat lebih secara langsung untuk sesama. Sambil libur semester atau menunggu panggilan kerja, menjadi relawan bisa membuat waktu kosongmu jadi lebih bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

Menjadi relawan akan sangat banyak memberikan pengalaman dan pelajaran hidup bagi siapapun yang menjalaninya. Seperti quote dalam film Into the Wild, “Happiness is only real when shared.” Begitulah prinsipnya ketika kamu menjadi relawan: berbagi kebahagiaan.

Namun ada beberapa hal yang harus dipersiapkan saat kita akan bergabung menjadi relawan, terlebih saat kita akan terjun langsung ke lokasi bencana. Karena dibutuhkan badan yang fit dan sehat, oleh karena itu ada beberapa tips untuk para relawan yang ingin tetap bugar, meski pekerjaan di lapangan sangat berat.

1. Jangan lupa konsumsi vitamin

Salah satu cara untuk mencegah sakit saat tugas di lapangan yaitu dengan rutin mengonsumsi vitamin. Pasalnya, tidak sedikit kegiatan yang Anda lakukan saat membantu korban bencana sehingga kemungkinan Anda untuk terserang berbagai penyakit saat kondisi badan melemah semakin meningkat. Dengan rutin mengonsumsi vitamin, diharapkan daya tahan tubuh Anda bisa lebih terjaga.

Vitamin bisa didapatkan dari sumber makanan alami seperti buah dan sayur. Akan tetapi, bila Anda memiliki masalah kesehatan tertentu atau hendak bepergian ke tempat yang minim akses kesehatan atau makanan sehat, tak ada salahnya minta suplemen vitamin ke dokter Anda sebelum berangkat.

2. Tidur yang cukup

Meskipun sedang seru membantu masyarakat yang membutuhkan, penting bagi Anda untuk tetap mematuhi aturan tidur yang baik. Beberapa situasi bisa bikin jadwal tidur Anda berantakan. Mulai dari tempat tidur yang kurang nyaman, atau tidak bisa tidur karena tubuh terlalu lelah.

Namun, tetap pastikan Anda mendapat kesempatan tidur yang cukup. Jika tidak, hal ini akan memengaruhi kondisi kesehatan Anda.

3. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup adalah salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh Anda saat membantu para korban bencana. Faktor perbedaan cuaca dan tingkat aktivitas Anda selama membantu korban terdampak bencana juga perlu menjadi pertimbangan banyaknya cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila Anda lebih banyak jalan kaki, bergerak, dan beraktivitas saat liburan, tingkatkan konsumsi cairan, lebih dari biasanya.

4. Selalu sediakan obat-obatan

Yang terakhir tapi tidak boleh dilupakan adalah selalu sedia obat-obatan selama pergi menuju tempat bencana. Pasalnya, Anda tidak pernah tahu kapan hal-hal terburuk akan terjadi pada diri Anda. Dengan selalu menyediakan peralatan P3K beserta obat-obat yang Anda butuhkan, akan meminimalisir kemungkinan Anda jatuh sakit saat di tempat bencana alam.