Perlu Diketahui, Kebanyakan Duduk Bisa Picu Banyak Penyakit Lho

Jakarta, relawan.id – Majunya teknologi di jaman sekarang ini membuat ruang gerak semakin terbatas. Banyak orang bekerja hanya di depan komputer dan menghabiskan waktunya berjam-jam untuk duduk. Ditambah lagi dengan waktu untuk menuju ke kantor yang juga dihabiskan dengan duduk di kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Waktu di rumah juga dihabiskan dengan duduk di depan televisi. Sangat sedikit sekali aktivitas bergerak yang dilakukan setiap harinya. Bahkan waktu untuk olahraga pun dilewatkan begitu saja. Tidak terpikirkan risiko apa yang akan diakibatkan jika duduk terlalu lama, apakah dapat menimbulkan gangguan kesehatan atau tidak.

Kebiasaan duduk terlalu lama memiliki efek buruk pada kesehatan yang tidak dapat diabaikan. Bahkan sebagian ahli percaya bahwa efek buruk dari terlalu banyak duduk ini tidak dapat dikompensasi walaupun dengan penerapan pola hidup sehat, seperti rutin olahraga dan konsumsi makanan sehat.

Berikut kondisi yang dapat dialami akibat terlalu banyak duduk:

1. Memperlambat metabolisme

Penurunan kontraksi otot yang terjadi saat kamu duduk dalam kurun waktu yang lama dapat memperlambat pembersihan lemak dari aliran darah dan mengurangi efek insulin. Hal ini memicu melambatnya metabolisme yang kemudian memengaruhi kesehatan, seperti konstipasi, kegemukan, dan sebagainya.

2. Membuat postur tubuh menjadi bungkuk

Posisi duduk menyebabkan panggul memutar ke belakang dan memberi tekanan pada pinggang. Tanpa kamu sadari, posisi ini kemudian memaksa kepala maju dan menyebabkan bahu melengkung untuk mengompensasi perpindahan berat. Alhasil, lama-kelamaan postur tubuhmu menjadi bungkuk.

3. Cedera punggung dan tulang belakang

Pemuatan statis jaringan yang berkepanjangan lama-kelamaan akan memberikan tekanan yang tidak semestinya pada daerah punggung bagian bawah dan menekankan otot serta sendi-sendi yang ada di sekitarnya.

4. Memicu rematik

Beberapa jenis penyakit rematik seperti osteoartritis penyebabnya adalah karena keausan pada persendian. Hal ini sering terjadi pada orang yang duduk terlalu lama.

5. Obesitas

Kebiasaan duduk sepanjang hari dapat merusak kemampuan tubuh untuk mengendalikan gula darah. Hal ini kemudian menyebabkan berkurangnya sensitivitas terhadap hormon insulin yang membantu mengangkut glukosa dari darah ke dalam sel yang kemudian digunakan sebagai energi.