Gempa Berkekuatan 5,1 M Guncang Maluku, MRI Maluku: Tak Ada Korban Jiwa

Ambon, relawan.id – Gempa bumi bermagnitudo 5,1 kembali guncang Maluku, Selasa (12/11/2019) malam sekitar pukul 19.10 WIT. Akibatnya warga berhamburan ke jalan-jalan dan lapangan terbuka.

Gempa yang sangat kuat dirasakan itu juga membuat sejumlah warga langsung memilih pergi ke lokasi ketinggian dengan membawa tas dan sejumlah barang lainnya. Sebelumnya masyarakat Maluku (SBB dan Kota Ambon) sempat dibuat panik oleh guncangan dahsyat yang berkekuatan 6,8 dan 5,0 magnitudo.

“Kini masyarakat yang pada umumnya sebahagian yang telah memilih kembali ke rumah masing-masing terpaksa kembali di tenda-tenda pengungsian. Gempa tersebut kembali menyisahkan luka yang hendak pulih dari benak masyarakat,” ujar Humas MRI Maluku, Iqbal Kumkelo.

Dalam guncangan kali, kata Iqbal, menambah angka gempa susulan menjadi sebanyak kurang lebih 2000 sekian guncangan. Akibat dari gempa tersebut ada beberapa bangunan yang kembali retak diantaranya adalah salah satu masjid di kawasan Masjid Hasyim Asy’ari, Jl.Wara – Ambon.

Hingga saat ini masyarakat masih memilih tetap di tenda pengungsian daripada harus kembali ke rumah-rumah mereka, tapi untuk yang tinggal di daerah perkotaan memilih untuk tetap di rumah. Iqbal juga menegaskan dalam gempa ini tidak ada korban jiwa.

“Sebagian besar masih di tenda-tenda pengungsian,” tukasnya.