MRI Jambi Gelar Sosialisasi Cuci Hidung di SD IT Nurul Ilmi

Jambi, relawan.id – Setiap hari, hidung manusia dilewati oleh sekitar 15 ribu liter udara yang mengandung berbagai partikel. Tak menutup kemungkinan jika diantara beragam partikel yang terhirup melalui hidung ini terdapat partikel zat-zat polutan yang bersifat iritan atau mengiritasi.

Oleh karena itu, Masyarakat Relawan Indoensia (MRI) Jambi mengadakan aksi cuci hidung untuk siswa-siswi kelas 1 dan 2 SD IT Nurul Ilmi, Senin (18/11/2019), hal itu dilakukan untuk menangangi kesehatan dan dampak karhutla. Pada kegiatan ini sekitar 157 orang siswa-siswi mengikuti aksi cuci hidung.

“Cuci hidung ini bermanfaat dalam menurunkan angka kekambuhan alergi sekaligus menjaga kelembapan hidung. Di sisi lain, cuci hidung juga dapat membersihkan sekret yang menumpuk di dalam hidung,” ujar Humas MRI Jambi, Fitra Diansyah, Senin (18/11/2019).

“Siswa-siswi sangat antusias mengikuti aksi cuci hidung yang diadakan, walaupun ada beberapa orang yang awalnya takut untuk cuci hidung tapi setelah melihat teman-temannya akhirnya mereka berani,” tambahnya.

Bagi masyarakat awam, aksi mencuci hidung mungkin agak terdengar aneh dibanding aksi mencuci tangan, kaki dan wajah.

Menurutnya dalam kondisi saat ini warga sudah terpapar udara yang sangat tidak sehat, dan kegiatan mencuci hidung ini sangatlah bermanfaat, “mencuci hidung dapat membersihkan, menyegarkan, dan mencegah terjadinya infeksi saluran pernapasan,” katanya