MRI Labuhan Utara Gelar Pelayanan Kesehatan di Milad Muhammadiyah Fair

Aek Kanopan, relawan.id – Dalam rangka memperingati Milad Muhammadiyah ke-107, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Labuhanbatu Utara mengadakan kegiatan Milad Muhammadiyah Fair yang dilaksanakan Ahad, (17/11/2019).

Pada kesempatan tersebut Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Labuhanbatu Utara ikut ambil bagian dengan melaksanakan Pelayanan Kesehatan pada salah satu stand pameran Milad Muhammadiyah Fair.

Ada pun pelaksanaan kegiatan yang dilakukan adalah pemeriksaan tekanan darah Pemeriksaan Darah (Glukosa, Asam Urat, Kolesterol), konsultasi penyakit tidak menular dengan dokter umum, serta konsultasi gizi dan diet sehat oleh nutrisionis.

 “MRI Labuhanbatu Utara harus turut mengambil bagian dalam setiap event besar di kabupaten Labuhanbatu Utara ini. Kami memilih pelayanan kesehatan sebagai aksi sebab pada Milad Muhammadiyah Fair ini juga dilaksanakan kegiatan jalan santai. Sehingga pemeriksaan kesehatan sangat relevan peserta jalan santai untuk memeriksakan kesehatannya terutama tekanan darah sebelum dan setelah kegiatan jalan santai tersebut,” kata Ketua MRI-ACT Labuhanbatu Utara, Budi Fajar, Ahad (17/11/2019).

“Harapan kami selain mengenalkan masyarakat dengan MRIKabupaten Labuhanbatu Utara, disela-sela kegiatan ini juga kami mengampanyekan gerakan #IndonesiaDermawan sebagai kampanye global Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan mengangkat isu Hangatkan Kembali Jutaan Saudara yang Teraniaya (winter aid) terutama bagi saudara-saudara kita di Gaza, Palestina,” tambahnya.

Tercatat sebanyak 58 peserta jalan santai yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan pada aksi Pelayanan Kesehatan ini dimana mereka dapat mengonsultasikan kesehatannya terutama terkait dengan penyakit tidak menular kepada 5 orang dokter umum. Selain itu, pada pelayanan kesehatan kali ini MRI Labuhanbatu Utara juga menghadirkan seorang nutrisionis yang memberikan konsultasi seputar Gizi dan Diet Sehat.

“Pelayanan Kesehatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh MRI Labuhanbatu Utara sejak terbentuk pada Februari 2019. Masyarakat yang ikut serta pada pelayanan kesehatan terlihat sangat antusias. Stand kami langsung dibanjiri pengunjung ketika Pembawa Acara mengumumkan bahwa MRI Labuhanbatu Utara mengadakan kegiatan Pelayanan Kesehatan Gratis. Banyak pula masyarakat yang menanyakan kapan kegiatan seperti ini dilaksanakan kembali,” ujar Rifan Eka Putra Nasution selaku Ketua Bidang Program Kemanusian MRI Labuhanbatu Utara sekaligus PIC pada kegiatan ini.

MRI Labuhanbatu Utara berharap semakin banyak yang dapat berkontribusi untuk menyelesaikan masalah sosial kemanusian khususnya di Kabupatan Labuhanbatu Utara dan di seluruh dunia pada khusus.