Tingkatkan Kapasitas Diri Sebagai Relawan, MRI Bengkulu Gelar Volunteer Camp Batch 2

Bengkulu, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Bengkulu menggelar Volunteer Camp Batch 2 di Desa Tabalagan, Kecamatan Semidang Lagan, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, Sabtu-Ahad (16-17/11/2019).

Kegiatan ini merupakan sarana bagi para relawan dalam meningkatkan kapasitas diri sebagai seorang relawan, dan juga agar mereka mampu meningkatkan kesolidan relawan saat terjun ke lapangan.

“Sebanyak 103 orang relawan se-Bengkulu diharapkan mampu menguasai berbagai ilmu dan metode tentang kebencanaan, baik bencana sosial maupun bencana kemanusiaan yang bisa terjadi kapan saja,” ungkap Humas MRI Bengkulu, Silvia Varista, Senin (18/11/2019).

Silvi menjelaskan dalam kegiatan ini banyak materi yang diberikan kepada para relawan yaitu tentang wawasan kebangsaan dan bela negara, fire rescue, first aid dan mitigasi bencana, pembuatan tenda, open mind social mapping, dan sharing session.

Dia berharap para peserta selalu siap dan bersedia mengaplikasikan kemampuan di lapangan dalam kondisi apapupun pascabencana.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menumbuhkan jiwa korsa kelembagaan kepada seluruh relawan khususnya, dan keterampilan sosial ‘mapping disaster’ manajemen kebencanaan, sinergi, dan komunikasi personal,” katanya.