Perlu Diwaspadai, Ini Minuman yang Bisa Sebabkan Kanker

Jakarta, relawan.id – Banyak orang hanya mengenal jenis-jenis makanan pemicu kanker, seperti makanan yang dibakar, makanan yang diawetkan, atau makanan olahan. Tapi, pemicu kanker juga bisa berasal dari minuman, lho. Meski minuman merupakan cairan yang difungsikan sebagai penghilang dahaga, tapi ternyata minuman ada yang dapat menyebabkan kanker jika sering dikonsumsi.  

1. Minuman alkohol

Minuman yang harus dikurangi agar tidak terserang kanker, yaitu minuman beralkohol. Minuman beralkohol adalah minuman keras yang dapat memabukkan. Biasanya sebagian orang mengonsumsi minuman beralkohol ini untuk menghilangkan stress.

Adanya kandungan etanol pada minuman beralkohol ini yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran pada penikmatya. Minuman beralkohol juga kadarnya dibagi, ada yang memiliki kadar alkohol rendah adapula yang memiliki kadar alkohol tinggi. Minuman beralkohol ini dibatasi oleh sejumlah negara, bahkan untuk mengonsumsinya ada batasan usia tertentu.

Kandungan etanol juga merupakan pemicu utama kanker. Jenis kanker yang dapat disebabkan karena seringnya konsumsi minuman beralkohol diantaranya kanker kerongkongan, lambung, hati, usus, dan payudara. Jadi untuk Anda sebaiknya mengurangi konsumsi minuman beralkohol, dan perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga tingkat hidrasi Anda dan hidup lebih sehat.

2. Minuman berenergi

Minuman berenergi ini diantaranya adalah minuman yang banyak mengandung gula, kafein, sodium, dan acid. Minuman dengan kandungan tersebut juga jangan Anda konsumsi saat ingin tidur karena akan membuat Anda lebih sulit untuk tidur. Saat Anda sulit tidur, pola hidup sehat Anda pun terganggu.

Minuman berenergi ini adalah jus, kopi, dan lainnya yang memiliki kandungan gula serta kafein tinggi. Memang benar beberapa minuman tersebut akan membantu Anda saat ingin mengerjakan suatu pekerjaan yang membutuhkan energi tinggi. Namun itu tidak baik bagi kesehatan dan jika sering dikonsumsi dapat menjadi pemicu penyakit kanker.

Orang yang mengonsumsi minuman berenergi terlalu sering akan memiliki masalah pada kesehatan jantungnya. Ditambah dengan adanya kandungan gula berlebih yang merupakan pemicu utama terbentuknya sel kanker.

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda merupakan salah satu minuman yang dapat memicu terbentuknya sel kanker jika sering dikonsumsi. Tak ada yang berbeda, minuman bersoda dengan klaim ‘diet soda’ pun merupakan mimuman yang dapat memicu timbulnya sel kanker tersebut.

Sama halnya dengan minuman berenergi, minuman bersoda pun penuh dengan kandungan gula yang tinggi, kafein, serta bahan-bahan buatan lainnya. Minuman bersoda pun memiliki kandungan zat kimia aditif yaitu zat pewarna yang dinamakan dengan 4-Mel atau juga dikenal sebagai karsinogen.

Zat 4-Mel ini merupakan zat yang dapat memicu timbulnya sel kanker pada tubuh. Dan seharusnya setiap bahan makanan atau minuman yang mengandung zat kimia 4-Mel ini diharuskan untuk mencantumkan label yang dapat berpotensi menyebabkan kanker. Pada jenis ‘diet soda’ juga mengandung zat pemanis buatan yang dapat mengacaukan metabolisme tubuh.

4. Minuman yang sangat panas

Minuman yang sangat panas ternyata salah satu minuman yang juga dapat memicu timbulnya sel kanker pada tubuh. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati saat mengonsumsi minuman panas. Setidaknya Anda harus membiarkannya sedikit dingin untuk dikonsumsi.

Karena menurut IARC yang merupakan Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan kalau minuman yang sangat panas dapat menyebabkan kanker tenggorokan. Minuman yang baik untuk dikonsumsi setidaknya 65°C. Walaupun jarang sekali orang menikmati teh, kopi, atau cokelat panas dalam keadaan mendidih.

Namun ada saja orang yang tidak bersabar dan akhirnya tak sengaja meminum minuman yang panasnya melebihi batasan yang telah ditentukan. Jadi pastikan Anda untuk lebih bersabar agar dapat menikmati minuman panas namun masih aman dan terhindar dari pemicu sel kanker.

5. Kopi

Kopi merupakan minuman yang bisa menyehatkan namun jika terlalu sering pun dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kopi yang dapat menyehatkan tubuh ini berasal dari kopi ‘asli’ yang tidak mengandung banyak gula. Karena kopi mengandung nutrisi yang kaya untuk antioksidan.

Namun saat ini banyaknya gerai kopi bermunculan dengan varian kopi yang dijual pun beragam. Kopi seperti itu yang akhirnya dapat menyebabkan timbulnya sel kanker pada tubuh Anda dengan banyaknya kandungan gula dan krim. Namun kopi dengan variasi seperti itulah yang banyak dicari saat ini.

Sebagai contohnya mochaccino yang dibuat dengan tambahan susu, cokelat, dan diberikan topping whipped cream. Kopi tersebut memiliki 580 kalori dengan 26 gram kandungan lemak. Konsumsi kopi ‘fancy’ ini dapat menyebabkan obesitas yang akhirnya dapat memicu timbulnya sel kanker.