Sebagai Program Unggulan, Global Wakaf-ACT Luncurkan LBW dan Pelepasan Humanity Truck

Blora, relawan.id – Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan Lumbung Beras Wakaf (LBW) dan pelepasan Humanity Truck Jawa Tengah, di Desa Jipang, Blora, Rabu (4/12/2019).

Presiden Global Islamic Philantrophy (GIP), Ahyudin mengatakan dana yang digunakan untuk lumbung beras ini berasal dari dana wakaf yang terkumpul dari dana wakaf. Lumbung beras ini menjadi salah satu program unggulan ACT.

“Lumbung Beras Wakaf menjadi salah satu program unggulan lembaga untuk menggerakkan kepedulian umat dalam mengatasi masalah pangan dari sisi hulu, didukung dengan kehadiran armada Humanity Rice Truck dan Humanity Food Truck untuk di sisi hilirnya. Kami ingin terus mengedukasi masyarakat terkait sistem pengelolaan wakaf produktif bagi para petani guna meningkatkan perekonomian,” ungkap Ahyudin.

Saat ini, program telah dikelola oleh mayoritas para petani kecil yang ada di Desa Jipang. Hal ini karena mayoritas dari 2.200 penduduk merupakan buruh tani dengan kondisi jika waktu panen selesai, para buruh tani tidak memiliki pekerjaan lain. Melalui program ini, para petani Desa Jipang tidak perlu lagi menjual gabah hasil panen ke tengkulak. Harga gabah pun ditetapkan sesuai dengan kesepakatan antara pengurus LPW dengan petani.

Sementara itu, Kepala Desa Jipang, Ngadi mengatakan dari tahun ke tahun ada peningkatan hasil produksi di LBW Blora ini, pada awal berdiri hanya memiliki sekitar satu mesin pengering, tapi kini sudah memiliki tiga mesin pengering.

“Pada tahun awal berdiri (2016), kita hanya punya satu mesin pengering saja. Sekarang kita sudah punya tiga mesin pengering. Alhamdulillah, produksi yang tadinya hanya sekitar 4-10 ton, sekarang bisa meningkat hingga 10 sampai 25 ton per harinya,” ujar Ngadi.