Benarkah Tidur di Lantai Bantu Atasi Nyeri Punggung? Ini Buktinya

Jakarta, relawan.id – Seharian kerja di kantor kadang bikin badan capek, belum lagi kadang juga bikin sakit punggung. Biasanya sih kalau terlalu lama duduk atau posisi dudukmu salah. Jika sudah begitu, kamu bisa mencoba tidur di lantai.

Dilansir dari Women’s Health, Jenifer L. Solomon, ahli fisioterapi dari Hospital for Special Surgery New York, Amerika Serikat mengatakan tidur di lantai dalam jangka pendek bisa menjadi solusi untuk meredakan sakit punggung. Hal itu dikarenakan sakit punggung disebabkan oleh postur tubuh yang buruk dan kurang gerak, apalagi mengharuskan kita bekerja berjam-jam di depan komputer.

“Kebiasaan tersebut akan membuat tekanan besar pada tulang belakang, otot dan sendi. Kebiasaan yang berulang akan membuat lekukan gak normal pada tulang belakang dan menyebabkan sakit. Sementara, dengan tidur di lantai yang rata dan keras bisa mengembalikan posisi tulang kembali seperti semula.,” ujar Jenifer.

Namun, kata dia, efek ini hanya akan dirasakan sebagian orang, dan sebagian yang lain mungkin lebih nyaman di atas kasur. Karena itu, perlu mencobanya sendiri.

“Jika kamu mengalami sakit punggung, gak ada salahnya kamu mencoba tidur di lantai. Lakukan sebentar saja. Jika cocok kamu berarti bisa tidur di lantai. Namun, jika ini membuatmu gak nyaman, sebaiknya kamu tidur di kasur saja ya,” tuturnya.

Jika ingin mencoba, cari permukaan lantai yang datar dan bersih. Selain itu, tidurlah dengan posisi kaki lurus, jika tidak memungkinkan, bisa menaruh bantal di bawah lutut dan rentangkan kedua tangan masing-masing di sisi badan serta bukalah telapak tangan dengan mengarah ke atas.

“Tutup mata dan tarik napas dalam-dalam, lakukan perlahan dan buat dirimu senyaman dan serelaks mungkin. Lakukan hal ini lima sampai tujuh menit. Jangan terlalu lama ya, bisa-bisa kamu masuk angin. Itu karena suhu lantai bisa jauh lebih dingin, apalagi jika sudah dini hari,” bebernya.

“Kamu harus tahu bahwa tidak hanya posisi tidur yang bisa menyembuhkan sakit punggung. Kamu pun perlu banyak berolahraga, mengurangi stres dan jaga pola makanmu dengan baik. Dengan begitu, sakit punggungmu tidak akan sering balik lagi,” tambahnya.