MRI Aceh Selatan Galang Dana untuk Korban Kebakaran

Aceh, relawan.id – Pondok Pesantren (Dayah) Darussalam di Gampong Blang Paroh, Kecamatan Labuhanhaji Barat, Kabupaten Aceh Selatan terbakar, Senin (9/12/2019) sekira pukul 02.00 WIB.

kejadian tersebut menghanguskan 40 Rangkang santri dan 80 kamar, sehingga sebanyak 160 santri harus diungsikan.

Merespon bencana kebakaran tersebut, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Aceh Selatan melakukan penggalangan dana untuk korban kebakaran di Depan SMA 1 Tapaktuan dan SPBU Tapaktuan, Senin (9/12/2019).

“Penggalangan donasi ini akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 9 s/d 11 Desember 2019  yang di dalamnya tergabung lintas lembaga yang ada di Kabupaten Aceh Selatan,” ujar Humas MRI Aceh, Astri Maulida, Selasa (10/12/2019).

Astri menjelaskan kebakaran dahsyat di Dayah Al-Waliyah Blang Paroh, Kecamatan Labuhan Haji Barat, Aceh Selatan, menghanguskan 80 bilik atau kamar santri. Akibatnya, pakaian, peralatan belajar, kitab-kitab, dan peralatan sehari-hari lainnya milik 160 santri ludes dilalap api.

“Kebakaran tersebut juga menghanguskan dua balai pengajian. Sedangkan satu balai pengajian lagi terpaksa dirobohkan guna menghentikan api agar tidak menjalar lebih luas,” tukasnya.

“Saat kami berada di TKP, kondisi masih sangat parah, bantuan masa panik dari MRI Kami serahkan kepada pimpinan pondok pesantren dan pimpinan mengucapkan terima kasih atas partisipasinya semoga ikatan kepedulian sesama harus kuat tanpa batas,” tambahnya.