Perlu Diketahui, Ini Dampak Tidur dengan Lampu Menyala

Jakarta, relawan.id – Banyak orang harus tidur dalam keadaan lampu menyala. Namun, tak sedikit pula orang yang lebih nyaman tidur dengan lampu padam.

Faktanya, mematikan atau menyalakan lampu saat tidur malam dapat memengaruhi kesehatan. Mematikan lampu sebelum tidur jauh lebih dari sekadar fase sebelum tidur.

Tidur dengan lampu menyala dianggap merugikan untuk mendapatkan istirahat malam yang baik. Tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik dapat menimbulkan berbagai dampak kesehatan. Tidur dengan lampu menyala dikaitkan dengan gangguan siklus tidur. Kondisi ini membuat seseorang tak dapat tidur nyenyak.

Tidur yang nyenyak akan membuat Anda segar kembali. Umumnya, para ahli menyarankan untuk tidur tujuh hingga sembilan jam semalam untuk mendapatkan energi dan tetap sehat. Paparan cahaya selama tidur membuat otak sulit untuk mencapai tidur yang lebih nyenyak.

Simak dampak tidur dengan lampu menyala berikut ini!

1. Terjadinya Obesitas atau Kegemukan

Banyak orang beranggapan bahwa obesitas terjadi karena terlalu banyak makan atau tidak pernah berolahraga. Namun, ternyata setelah diteliti faktor obesitas lainnya adalah disebabkan tidur dengan lampu yang menyala. Dampak dari cahaya lampu di malam hari saat tidur ini yang mengubah pola makan hingga Anda akan sulit mengontrol makan. Hal ini menyebabkan berat badan naik secara drastis.

2. Meningkatnya Depresi

Menurut hasil penelitian, tidur dengan lampu menyala akan menimbulkan perubahan fisiologis terhadap tubuh. Ini akan berakibat pada perubahan kondisi tertentu pada otak dan akhirnya menimbulkan depresi. Namun, untuk dampak yang ini masih terus diteliti oleh para ahlinya.

3. Mengganggu Sistem Reproduksi

Terkadang orang yang bekerja dengan pergantian shift lebih rentan terhadap masalah kesehatan reproduksi. Kenapa? Karena biasanya orang yang memiliki bagian shift malam akan lebih banyak terkena cahaya lampu malam.

Ini tentunya tidak baik untuk kesehatan sistem reproduksi. Terutama jika Anda adalah wanita. Bekerja shift malam seperti inilah yang nantinya akan mengganggu siklus menstruasi. Selain itu juga waktu tidur akan mulai terganggu hingga Anda akan merasa lemas tidak segar saat bangun di pagi hari.

4. Tumbuhnya Sel Kanker

Cahaya lampu di malam hari juga bisa membangunkan sel-sel kanker. Inilah salah satu penyebab tumbuhnya sel kanker prostat pada pria dan sel kanker payudara pada wanita. Oleh sebab itu Anda perlu berpikir ulang jika ingin tidur dengan lampu yang menyala di malam hari.