Bank Sampah Binaan MRI Raih Penghargaan dari Pemprov DKI Jakarta

Jakarta, relawan.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan penghargaan kepada masyarakat, baik individu, sekolah, maupun perusahaan yang telah melakukan aksi nyata kepedulian terhadap lingkungan. 

Penghargaan Masyarakat Peduli Lingkungan tersebut terbagi dalam enam kategori masing-masing yakni, Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi, Program Kampung Iklim, Kalpataru, Pengelola Bank Sampah, Program Jakarta Tanpa Kantong Plastik, dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi.

Sekretaris Daerah Saefullah menyebut mereka semua sebagai pihak yang membantu pencegahan bencana sampah.

“Atas nama Pemprov DKI Jakarta saya sambut positif penyelenggaraan acara ini dan selamat pada para pelopor kegiatan yang meraih apresiasi masyarakat peduli lingkungan DKI Jakarta tahun 2019,” ujar Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Sementara itu, salah satu pemenang penghargaan pengelolaan bank sampah, Iwan mengatakan semoga dengan adanya penghargaan ini dapat memotivasi lebih banyak masyarakat untuk terus menjaga lingkungan dari sampah.

“Diharapkan, kedepan keberadaan bank sampah bisa memberikan solusi terbaik dalam pencapaian target pengurangan sampah,” katanya.

Selain itu, Iwan mengaku baru pertama kali mendapat penghargaan ini, mengingat bank sampah yang dikelolanya baru 2 tahun. Bagi Iwan, bank sampah adalah program yang mengajak masyarakat untuk memilah sampah organik dan non-organik untuk ditukarkan menggunakan uang pada bank-bank sampah yang telah tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Bank sampah binaan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) ini menerapkan penukaran sampah untuk pembelian sembako, Simpatik, (sedekah infak menggunakan sampah plastik) untuk para tahfidz quran, dan yang lainnya.

“Bank sampah itu bisa mengubah paradigma masyarakat untuk memaknai sampah sebagai sesuatu yang mempunyai nilai untuk dimanfaatkan kembali sekaligus mengurangi jumlah sampah nasional,” katanya.