MRI Sragen Gelar Bersih-Bersih Tempat Ibadah

Sragen, relawan.id – Beribadah bukan melulu shalat atau pun puasa. Membersihkan masjid dari kotoran pun niscaya dapat pahala dari Tuhan. Oleh karena itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sragen mengadakan kegiatan membersihkan masjid melalui program Arem-Arem (Ayo Reresik Mushola, Ayo Reresih Masjid, Ahad (22/12/2019).

Agenda ini dilakukan oleh MRI Sragen baru yang kedua kali, sebelumnya kegiatan ini digelar di Mushola Al Bukhori. Menurut Humas MRI Jawa Tengah, Naufal Al Hijr, kegiatan ini dilakukan untuk membantu marbot membersihkan tempat ibadah tersebut.

“Dalam kesehariannya masjid atau mushola tersebut dibersihkan dan dirawat oleh beberapa Jamaah dan itu pun membersihkan bagian yang bisa dijangkau saja, karena hal tersebut membuat bagian yang sukar dijangkau tidak dibersihkan karena kualahan. Hal ini membuat tim relawan MRI Sragen tergerak untuk membersihkannya,” tuturnya.

“Bersama jamaah masjid dan mushola kita membersihkan secara menyeluruh mulai dari membersihkan sajadah dengan vacuum cleaner, membersihkan langit langit, membersihkan tempat wudhu yang mulai berkerak dan berlumut, Serta sudut sudut lain dari masjid dan mushola yang sulit dijangkau,” tambahnya.

Tidak hanya laki-laki, relawan perempuan pun turut serta dengan menyapu lantai yang kotor. Naufal mengatakan, kegiatan itu penting dilakukan karena dipandang banyak masjid yang kondisinya kotor dan kurang nyaman untuk beribadah. Padahal, menurutnya, kebersihan merupakan sesuatu yang diajarkan dalam Islam.