Tetap Sehat Selama Libur Panjang, Ini Tips Ala Relawan

Jakarta, relawan.id – Aktivitas harian seperti bekerja, kuliah, atau sekolah memang membuat penat. Berlibur mungkin jadi salah satu cara agar pikiran kembali segar dari rutinitas yang setiap hari dijalani.

Sayangnya, liburan ini kerap kali membuat sebagian besar orang juga “libur” dari gaya hidupnya yang sehat. Padahal, kondisi ini bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah dan risiko berbagai masalah kesehatan jadi meningkat.

Agar tubuh Anda bebas dari masalah tersebut selama liburan, ikuti beberapa tips ala relawan berikut ini:

1. Minum cukup air

Menghabiskan liburan di luar rumah, sering kali membuat Anda kurang minum. Padahal tubuh membutuhkan air agar sel, jaringan, dan organ tubuh dapat bekerja secara optimal.

Jika Anda kurang minum, dehidrasi dapat terjadi. Tubuh Anda akan terasa lemas dan berbagai gejala lainnya, seperti bibir kering maupun sakit kepala dapat mengganggu aktivitas.

Untuk itu, minum cukup air selama liburan menjadi salah tips sehat yang perlu Anda ikuti.

2. Tetap aktif bergerak

Jika Anda memanfaatkan waktu liburan di rumah, jangan sampai jadi malas berolahraga. Malas olahraga bisa membuat berat badan naik karena energi yang dibakar hanya sedikit.

Padahal mungkin di rumah Anda hanya tidur dan makan saja tanpa melakukan apa pun lagi.

Sekalipun liburan, olahraga tetap harus Anda lakukan. Bahkan, bisa jadi waktu yang menyenangkan untuk mengisi liburan.

Anda bisa memilih olahraga sederhana di dalam rumah, jogging di taman, atau mengajak teman untuk bermain tenis atau bulu tangkis. Dengan begitu, tubuh Anda tetap bergerak aktif selama liburan.

3. Menjaga pola makan tetap sehat

Berat badan yang naik selama liburan tidak hanya disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik, tapi juga pola makan yang buruk.

Jangan anggap sepele, naiknya berat badan bisa mengubah penampilan dan meningkatkan risiko munculnya beberapa penyakit di kemudian hari.

Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Kuncinya, Anda harus menjaga pola makan sebagai tips tetap sehat selama liburan.

Sesekali Anda boleh ngemil makanan manis, tapi ingat jangan berlebihan. Tetap konsumsi buah dan sayur sebagai menu makanan atau camilan.

Selain itu, jangan terlalu sering tergoda memesan makanan cepat saji. Luangkan waktu untuk berbelanja dan memasak sendiri agar makanan yang dikonsumsi tetap sehat.

Academy of Nutrition and Dietetics, menyarankan untuk tidak menunda jam makan selama liburan.

Alasannya, karena ini bisa membuat nafsu makan jadi lebih besar dan akhirnya membuat porsi makanan Anda jadi lebih besar dari biasanya.

4. Tidur cukup

Menjaga kualitas tidur adalah satu tips penting agar tubuh tetap sehat selama liburan. Pasalnya, liburan sering kali membuat seseorang tidur lebih larut untuk menonton tv, bermain ponsel, atau membaca komik.

Bila Anda tidur larut malam, kemungkinan besar membuat Anda bangun lebih siang atau mengantuk.

Pada beberapa kasus, kebiasaan ini dapat menyebabkan Anda sakit kepala karena kurang tidur.

Anda bisa memasang pengingat waktu tidur di ponsel dan menjauhkan diri dari hal yang mengganggu menjelang tidur.

5. Tahu caranya hadapi stres

Liburan panjang terutama jika Anda memang bepergian keluar kota, bisa menimbulkan rasa cemas dan stres.

Kondisi tersebut tentu bisa membuat liburan jadi tidak tenang. Oleh karena itu, salah satu tips sehat selama liburan yang perlu Anda terapkan adalah tahu cara meredakan stres.

Stres mungkin sulit untuk dihindari, begitu juga dengan kecemasan. Namun, tidak perlu khawatir, Anda masih bisa meredakannya.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres saat liburan. Melakukan latihan pernapasan, berjalan santai menikmati pemandangan, menulis jurnal, atau melakukan hobi lainnya yang bisa mengalihkan Anda dari stres.