Jatinegara Barat Masih Tergenang Air, Warga Butuh Bantuan

Jakarta, relawan.id – Kondisi Jalan Jatinegara Barat belakang pasar Jatinegara, siang ini masih tergenang banjir setinggi betis atau lutut orang dewasa, sehingga aktivitas warga masih lumpuh.

Humas MRI Pusat, Qeni Qonita Putri mengatakan kondisi di Jatinegara Barat saat ini masih belum surut dan rumah-rumah warga pun masih tergenang air. Oleh karena itu, masyarakat sekitar membutuhkan bantuan berupa makanan siap saji.

“Sampai siang ini, hujan masih mengguyur wilayah di jabodetabek tepatnya di Jakarta Timur, keadaan air masih belum surut, sehingga aktivitas warga lumpuh total, masyarakat membutuhkan makanan siap saji untuk disantap karena keterbatasan aktivitas warga, maka warga masih banyak yang belum makan dan membutuhkan pakaian layak pakai, karena ketika banjir warga belum sempat menyelamatkan barangnya,” tuturnya, Kamis (2/1/2020).

Sebagai informasi, banjir Jakarta dan daerah sekitarnya menyebabkan setidaknya 16 orang meninggal dan lebih dari 31.000 orang mengungsi, sementara puncak hujan diperkirakan oleh BMKG baru akan terjadi pada pertengahan Januari hingga Maret.

Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada Kamis (2/1) menyebutkan 16 orang korban meninggal termasuk delapan orang di DKI Jakarta, satu orang di Kota Bekasi, tiga orang di Kota Depok, satu orang di Kota Bogor, satu orang di Kabupaten Bogor, satu orang di Kota Tangerang, dan satu orang di Tangerang Selatan.

Kepala BNPB, Doni Monardo menghimbau masyarakat agar segera mengungsi ke tempat aman jika tempat tinggalnya berpotensi mengalami banjir lebih besar.

“Utamakan nyawa selamat terlebih dahulu daripada harta,” kata Doni.