Rumah Hanyut Diterjang Banjir, MRI Banten Bantu Korban Terdampak

Banten, relawan.id – Banjir bandang dari luapan sungai Ciberang menghantam 3 kampung yaitu Kampung Seupang, Kampung Sinday,dan Kampung Genteng, akibatkan rumah warga hanyut diterjang banjir, merespon hal itu Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banten terjun langsung untuk membantu warga yang terdampak.

Relawan MRI Banten, Dedi mengatakan sebanyak 48 rumah hanyut akibat banjir, 90 persen warga tidak sempat menyelamatkan harta mereka karena kejadian banjir yang sangat cepat, sehingga hanya baju yang menempel di badan saja.

“Ada 2 lokasi pengungsian yang sudah dibuat oleh Pemdes Pajagan, 1 lokasi di Kampung Seupang dan Kampung Genteng, tapi untuk pengungsian yang bisa diakses malam ini baru Kampung Seupang, sedangkan lokasi Kampung Genteng belum bisa diakses malam, karena kondisi hujan licin dan jalan menanjak,” ujar Dedi, Kamis (2/1/2020).

Banjir bandang ini terjadi sekitar pukul 07.30 Rabu (1/1/2020), saat warga sedang beraktivitas biasa tiba-tiba terdengar gemuruh air dan suara pepohonan runtuh, saat itu warga baru sadar bahwa sungai Ciberang debitnya meningkat hingga ketinggian 3 meter.

“Karena arus yang deras hingga menghanyutkan 48 rumah. Oleh karena itu, saat ini warga membutuhkan makanan pokok, air minum, baju, kasur, selimut dan obat-obatan,” tuturnya.