Bantu Banjir Jabodetabek, MRI Bantul Galang Donasi

Bantul, relawan.id – Beberapa wilayah di Ibu Kota dan sekitarnya saat ini sedang dilanda banjir. Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terdapat tujuh kelurahan di Jakarta yang dilaporkan terendam banjir. Selain di Jakarta, banjir juga melanda sejumlah kawasan di Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, dan juga Lebak.

Merespon hal itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Bantul menggelar kegiatan galang dana bencana banjir di Taman Ketandan, Jala Wonosari, Sorowajan, Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, DIY, Ahad (5/1/2020).

“Relawan yang terlibat dalam aksi penggalangan dana ini sebanyak 10 relawan. Penggalangan dana ini Alhamdulillah berjalan dengan baik, meskipun adanya beberapa kendala tapi hal itu tidak menyurutkan niat kami,” ujar relawan MRI Bantul, Hanafi.

“Semoga pada penggalangan berikutnya kami dapat mengevalusi apa yang menjadi hambatan dan kelalaian kami. Semoga Allah dapat membalas segala niat ikhlas teman-teman relawan,” tuturnya.

Sebagai informasi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban meninggal dunia dan hilang akibat banjir di wilayah Jabodetabek sebanyak 47 orang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Agus Wibowo mengatakan, per Jumat (3/1/2020) korban meninggal dunia mencapai 47 orang.

“Jumlah korban meninggal bertambah 4 orang dibandingkan rilis tadi siang, sehingga total meninggal dan hilang 47 orang,” ujar Agus, Jumat (3/1/2020).

Berdasarkan data sebelumnya, Jumat (3/1/2019) pagi pukul 09.00 WIB, jumlah korban meninggal terbanyak terdata di Kabupaten Bogor sebanyak 16 orang.