Bantu Masyarakat Terdampak Banjir, MRI Batam Gelar Galang Dana

Batam, relawan.id – Musibah banjir bandang yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya di awal tahun 2020 ini. Oleh karena itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Batam membantu dan memberikan sumbangsih bagi keluarga terdampak dengan mengadakan galang dana.

Berdasarkan informasi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tercatat jumlah korban meninggal dunia Jumat (3/1/2020) dan hilang akibat banjir di wilayah Jabodetabek sebanyak 47 orang.

MRI kota Batam bergerak cepat merespon kondisi ini dengan menggelar serangkaian kegiatan galang dana. Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya pentas seni dan aksi galang dana dengan aksi turun ke jalan. Aksi yang dilaksanakan selama dua hari ini, yaitu Sabtu (4/1/2020) dan Ahad (5/1/2020) dilaksanakan di simpang lampu merah Kepri Mall, Batam.

Sebanyak dua puluh relawan ikut turun dalam aksi galang dana kali ini. Pengendara yang melihat aksi ini, nampak antusias memberikan donasi, terbukti hanya dalam satu sesi yaitu 4 jam, terkumpul donasi lebih dari 6 juta rupiah. Sebagaimana diungkapkan oleh Guntar Sembiring, Ketua MRI Kepri.

“Alhamdulillah, aksi Galang Dana kita kali ini disambut antusias oleh masyarakat Batam, bahkan tadi pengamen di lampu merah ini pun menyemangati kami dan turut menyumbangkan segumpal uang hasil ngamen-nya,” ujarnya.

Sedangkan gelaran pentas seni galang dana dilaksanakan di WTB (Welcome to Batam), Batam Centre, Batam pada Sabtu dan Ahad malam. Untuk konten inpirasi seni kali ini, MRI Batam bekerjasama dengan KUAS (Kumpulan Anak Seni) Politeknik Batam, yang terdiri dari mahasiswa pegiat seni. Selain menghibur pengunjung Pasar Malam Kuliner di Batam, anggota KUAS juga bersama relawan MRI turut membantu menyebarkan informasi dan kotak donasi banjir Jabodetabek.

Kabid Humas MRI Kepri, Ilham Januari mengatakan, sebaran informasi terkait kepedulian musibah banjir kali ini, selain dari aktifitas fisik turun ke jalan, juga disebarkan melalui Posdig (Poster Digital) di dunia maya, untuk menjangkau masyarakat yang aktif di media sosial, agar turut berdonasi.

“Banyak cara dan kreatifitas untuk menginspirasi para Dermawan agar berdonasi, dan aksi kami kali ini adalah salah satunya, semoga mendapatkan hasil maksimal agar dapat membantu saudara-saudara kita di wilayah banjir Jabodetabek,” tegasnya.

Dari serangkaian kegiatan galang dana ini, MRI Batam berhasil mengumpulkan Donasi sebesar 11.326.900 rupiah, termasuk beberapa mata uang asing yang sudah dikonversi ke rupiah.

MRI Batam pun kembali menggugah kepedulian masyarakat Batam, dengan mengajak para dermawan untuk menyisihkan donasinya untuk korban banjir yang saat ini kondisinya masih belum 100% aman dan tercukupi kebutuhannya. Dengan cara berdonasi ke Rekening an. ACT, melalui Virtual Account BNI SYARIAH #8660291018010084.