Ajak Masyarakat Peduli Natuna, MRI Jakray Gelar Aksi Bela Indonesia

Jakarta, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jakarta Raya mengajak masyarakat untuk peduli terhadap pulau Natuna, dengan cara menggelar aksi di Bundaran Hotel Indonesia hingga patung Sudirman, Jakarta. Sambil membawa spanduk bertuliskan dukungan untuk Natuna, Ahad (12/1/2020).

Aksi yang digelar di hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) ini bertujuan mengajak masyarakat, khususnya mereka yang hadir di CFD Sudirman-Thamrin untuk peduli kepada Natuna.

Koordinator Aksi Muhammad Syahri mengatakan, Natuna dengan kekayaan lautnya harus dijaga oleh seluruh elemen bangsa ini, termasuk masyarakat ibu kota. Untuk itu, Aksi Bela Indonesia yang digelar merupakan salah satu bentuk ajakan MRI ke masyarakat guna peduli terhadap isu Natuna.

“Kekayaan laut Natuna sedang diperebutkan oleh pihak asing, padahal itu merupakan zona ekslusif negeri ini. Seluruh masyarakat wajib peduli,” jelasnya. Selain digelar di Jakarta, MRI di wilayah lain juga menggelar aksi serupa.

Hingga saat ini, wilayah perairan Natuna masih terus dijaga dan dipantau oleh pihak keamanan dari Indonesia. Aksi Cepat Tanggap (ACT) sendiri pada Selasa (7/1/2020) lalu juga telah mengirimkan tim menuju Natuna. Di sana, tim ACT melakukan pendistribusian bantuan, khususnya paket pangan bagi masyarakat prasejahtera, termasuk nelayan.

Apiko Joko Mulyono selaku Koordinator Tim Aksi Bela Indonesia untuk Natuna mengatakan, saat ini kegiatan nelayan di Natuna sedang kurang baik. Cuaca yang tidak mendukung karena musim angin utara membuat mereka takut melaut.

“Untuk itu, ACT mendistribusikan bantuan pangan, khususnya nelayan, yang menjadi garda terdepan perairan Natuna yang saat ini sedang tidak baik untuk musim melaut,” katanya, Sabtu (11/1).

Selain mendistribusikan bantuan paket pangan, ACT pada Jumat (10/1) lalu menggelar silaturahmi dengan warga, pemerintah daerah setempat, serta pihak keamanan. Acara diisi dengan makan bersama yang juga dihadiri Bupati Kabupaten Natuna.