Ringankan Korban Banjir, MRI Sumut Ajak Komunitas Galang Dana

Sumut, relawan.id – 1 Desember 2020 menjadi kisah tragis untuk kita semua khususnya warga Indonesia, yang mana pada hari tersebut hari kebahagiaan seseorang untuk mencapai impiannya di tahun 2020 dan dengan cara berkumpul keluarga pula orang pada bahagia untuk hari pergantian tahun. Akan tetapi tidak di pulau Jawa, tepatnya Kota Jabodetabek. Mereka harus kehilangan rumah dan harta benda yang diakibatkan banjir bandang melanda mereka pada saat itu. Seluruh rumah, perkebunan, dan usaha mereka hancur begitu saja.

Tragedi yang terjadi pada saat itu dan hingga kini mereka masih mengalami rasa traumatik serta mereka kehilangan mata pencahariannya, para relawan terus bergerak membantu untuk mengevakuasi para korban banjir yang masih bertahan di atap-atap rumah. Tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) terjun langsung ke lokasi banjir untuk membantu evakuasi korban banjir. Tidak hanya evakuasi dalam korban banjir saja, MRI juga membantu dalam segi makanan, sembako dan lainnya.

Dan sebagai bentuk rasa keprihatinan yang tinggi, MRI Sumut mengajak para relawan MRI dan 19 Komunitas yang berada di kota Medan untuk mengadakan aksi penggalangan dana di tiga titik lokasi. Aksi yang dilakukan pada hari Ahad (12/1/2020) dari pagi hari hingga sore membuat para pengendara dan masyarakat terpukau dan terpesona akan aksi para relawan tangguh yang tanpa mengenal lelah meski terik matahari yang begitu panas.

Kegiatan aksi ini dilakukan di tiga titik lokasi seperti simpang lampu merah lapangan merdeka, simpang spbu jalan krakatau medan, dan simpang jalan gaharu depan kantor indihome

Nurmansyah seorang relawan MRI yang saat itu sangat bertanggungjawab akan kegiatan tersebut, dengan kegigihannya mengajak para komunitas untuk aksi penggalangan dana, ia jadikan para komunitas adalah mitra terbaiknya untuk segala isu lokal dan interlokal tentang kemanusiaan.

“Aksi ini adalah bentuk rasa kepedulian masyarakat Sumatera Utara akan bencana yang terjadi disuatu daerah. Masyarakat kota Medan juga tidak merasa dirugikan akan kehadiran para relawan dan komunitas, disini mereka dihibur dengan dua badut gokil yaitu upin dan hello kitty,” ujar Humas MRI Sumut, Romy Falsa, Rabu (14/1/2020).

Kini rasa kepedulian antar sesama umat terus di perhatikan oleh tim MRI untuk sebuah misi kemanusiaan, yang mana ini adalah sebuah tanggungjawab bersama sebagai umat yang tinggal di muka bumi.