Jarang Diketahui, Hal Sepele Ini Bisa Menyebabkan Kematian

Jakarta, relawan.id – Kelahiran dan meninggalnya seseorang memang sudah menjadi garis kehidupan. Sama seperti pertumbuhan kelahiran, hampir setiap detik di seluruh bagian dunia, orang meninggal disebabkan oleh kecelakaan atau sakit. Tapi percayakah Anda, di dunia ini ada hal-hal sepele yang menjadi penyebab kematian seseorang?

1. Waktu tidur yang tidak cukup

Percaya atau tidak, tidur yang sangat singkat ternyata memiliki risiko yang membahayakan. Waktu tidur yang sehat sekitar 7-8 jam per hari. Apabila hanya tercapai 3-5 jam atau bahkan lebih singkat, seseorang dapat terkena berbagai penyakit yang cukup serius.

Dilansir laman The List, seseorang yang waktu tidurnya tidak cukup dapat mengalami penyakit hati, diabetes, hipertensi, sistem imun yang lemah, dan mood yang berantakan. Tidur singkat juga lebih memperparah efek obesitas jika terjadi secara terus-menerus.

2. Tidak berinteraksi sosial dengan cukup

Menurut jurnal PLOS Medicine, hubungan sosial juga berpengaruh dalam panjang pendeknya umur seseorang. Hal ini karena interaksi yang dihasilkan dari hubungan sosial dapat membangun friendship yang kuat, apalagi jika lingkungannya berupa orang-orang yang baik.

Tidak perlu memiliki beratus-ratus teman, namun setidaknya milikilah teman yang dapat membuatmu memetik manfaat yang positif. Dengan begitu, hidupmu terasa lebih berarti dan berjalan lama.

3. Menonton televisi terlalu lama

Para pelajar dari Harvard School of Public Health pernah melakukan penelitian terkait pengaruh televisi pada jangka hidup manusia.

Hasilnya, ternyata seseorang yang menonton televisi selama 2 jam atau lebih dapat terkena risiko penyakit diabetes tipe 2, penyakit hati, dan kematian mendadak.

4. Makan daging terlalu banyak

Daging merupakan makanan yang menjadi favorit banyak orang. Teksturnya yang lembut dan kenyal selalu sukses membuat lidah terasa nikmat dan ketagihan. Namun, jika mamakannya terlalu banyak, daging juga bisa menempatkan kita di situasi yang darurat, lho!

Seperti yang dilaporkan dari BBC News, berbagai kandungan dalam daging dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan kanker yang berbahaya apabila terlalu sering dikonsumsi.

5. Rutin memakai hand sanitizer

Hand sanitizer memang menjadi ide yang cemerlang untuk membuat tangan tetap higienis, terutama ketika berada di tempat-tempat umum. Penggunaannya pun begitu praktis dan barangnya mudah dibawa ke mana-mana.

Namun, dibalik kemudahan itu, ternyata terdapat pula ancaman kematian yang dapat berlangsung kapan pun. Hal ini karena hand sanitizer pada dasarnya berfungsi untuk membunuh kuman yang menempel di tubuh.

Namun, jika terlalu sering memakainya, hand sanitizer justru dapat membuat kuman menjadi kebal dan lebih tangguh untuk menyerang pertahanan tubuh.