MRI Jabar Bantu Warga Bersihkan Puing-Puing Akibat Banjir dan Longsor

Cimahi, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jawa Barat membantu membersihan rumah warga yang terdampak banjir dengan membersihkan saluran air, mencari sumber data kronologi kejadian longsor dan membagikan santap makan siang, di Kampung Babakan Baru Kebon Manggu, Kelurahan Padasuka Kota, Cimahi, Kamis (30/1/2020).

“Untuk meringankan warga yang terkena dampak banjir dan longsor, kita bersama-sama membantu membersihkan puing-puing akibat longsor, tak hanya itu kita juga memberikan santap makan siang bagi warga,” ungkap salah satu relawan MRI, Jumat (31/1/2020).

Sebagai informasi, kejadian longsor berawal pukul 16:00, saat itu warga sedang berada di luar rumah dan sebagian ada yang di rumah. Menurut laporan yang dihimpun relawan MRI, longsor menutupi saluran yang mengakibatkan beberapa rumah air membuat genangan air merobohkan dinding dan tiang teras masjid Assalam.

Ketinggian air mencapai sepinggang orang dewasa, banjir juga menghantam 3 rumah warga dan 1 masjid yang mengakibatkan ruask berat. Tim MRI Jawa Barat bersama Aksi Cepat Tanggap merespon bencana longsor, langkah awal yang dilakukan adalah mencari dat bersama BPBD Kota Cimahi untuk meninjau bencana longsor tersebut.

Adapun kebutuhan mendesak saat ini beberapa warga yang terkena dampak membutuhkan beberapa alas tidur (tikar), selimut, pakaian baru, makanan siap saji, dan pembangunan 3 rumah, 1 unit masjid yang terkena dampak longsor.