Longsor Terjang Rumah di Tangsel

Tangsel, relawan.id – Hujan deras yang mengguyur sejak Sabtu 1 Februari 2020 dini hari menyebabkan longsor di Kampung Cipeucang, RT 03 RW 03, Kademangan, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel). Akibatnya, satu rumah warga rusak parah.

Untuk mengantisipasi dampak lanjutan, petugas dibantu pengurus lingkungan setempat melakukan evakuasi warga yang tinggal di dekat lokasi longsor.

Informasi yang dihimpun, peristiwa longsor terjadi sekira pukul 10.00 WIB. Tebing tanah yang berada di bagian belakang rumah milik almarhum Pa’i, tiba-tiba menerjang dinding rumah. Beruntung tak ada korban jiwa saat kejadian.

“Diduga penyebabnya ini akibat curah hujan yang tinggi, dari sejak dini hari hingga pagi hari. Selain itu, kondisi tanah juga labil, hingga seketika terjadi longsor,” ucap Kapolsek Cisauk AKP Rolando Viktor Hutajulu, Sabtu (1/2/2020).

Viktor Hutajulu menambahkan, sesaat setelah material longsor menerjang, warga berdatangan ke lokasi. Kejadian itu langsung dilaporkan ke ketua RT dan RW, bahkan hingga kelurahan setempat.

Guna menghindari kemungkinan terburuk, para penghuni rumah lalu diungsikan ke rumah tetangga yang lebih aman. “Saat ini, keluarga korban longsor sudah diungsikan ke tetangga terdekat, menghindari terjadinya longsor susulan,” ucap Rolando.

Situasi belum dinyatakan aman, maka warga sekitar diminta untuk menjauhi titik longsor. Beberapa petugas juga ikut membantu warga mengevakuasi barang-barang di dalam rumah.

Sementara pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)belum memberikan keterangan resmi soal bencana tersebut.