MRI Maluku Distribusikan Beras untuk Keluarga Pra Sejahtera

Maluku, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku melakukan distribusi beras untuk keluarga pra sejahtera di Dusun Oli Lama dan Oli Tengah, Maluku, Sabtu (1/2/2020).

Beras yang didistribusikan ini sebanyak 125 karung dengan berat 5 kilogram. Beras ini akan diberikan kepada 2 dusun yaitu Dusun Oli Lama tepatnya di Desa Wakal dan Dusun Oli Tengah di Desa Hitumeseng yang terletak pada Kecamatan Leihitu.

Humas MRI Maluku, Safri mengatakan agenda ini merupakan salah satu implementasi program Aksi Cepat Tanggap (ACT) yaitu Sahabat Keluarga Pra Sejahtera Indonesia (SKPI) Maluku.

“Wajah ceria tergambar dengan jelas pada wajah-wajah tim MRI yang tak sabar untuk bertemu dengan masyarakat di 2 dusun tersebut. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 1 jam, walaupun tim relawan berdesak-desakan di atas mobil pick up tapi sama sekali tak melunturkan niat kami sama sekali,” ujar safri.

Safri melanjutkan terlihat beberapa tenda dan rumah yang terbuat dari batang kelapa di dusun Oli Tengah yang merupakan tempat tinggal beberapa warga yang terdampak gempa Maluku Oktober 2019 lalu.

Pembagian 67 karung beras berlangsung kurang lebih 1 jam. Masyarakat terlihat amat bahagia, senyum penuh terima kasih terpancar dengan tulus dari wajah-wajah mereka. Begitu pula tim relawan, perasaan terharu begitu terasa.

“Meskipun hanya 5 kg, tapi ini merupakan niat baik yang sangat kami hargai. Jangan lihat jumlahnya tapi lihat keikhlasannya,” ujar kepala Dusun Oli Lama.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Dusun Oli Tengah. Kondisi di sana cukup memprihatinkan. Air bersih sulit di dapatkan. Sehingga masyarakat sering mengalami kendala untuk melakukan kegiatan mereka sehari-hari. Salah satunya ada di Masjid Oli Tengah yang hanya memiliki satu bak air, yang dipergunakan untuk shalat. Setiap Jumat pemuda Dusun Oli Tengah bersama-sama mengangkut air untuk mengisi bak air di masjid.

“Tim pun memulai pembagian 58 beras, berlangsung selama kurang lebih 1 jam. Para tim relawan berbaur dengan supel dengan para masyarakat, bahkan tim diberi oleh-oleh berupa buah jambu oleh masyarakat. Masyarakat juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada kita,” tuturnya