MRI Jateng Bantu Nenek yang Mencari Anaknya

Semarang, relawan.id – Viralnya salah satu relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Ardian Kurniawan Santoso membantu nenek Sukiyah (50) yang hidup sebatang kara dan tak mandi dan keramas selama 27 tahun.

Hal itu menyebabkan Ardian dikenal banyak orang karena aksinya tersebut, sehingga pada Senin (3/2/2020) ada salah satu warga yang langsung menghubungi Ardian meminta bantuan untuk menangani seorang nenek dengan kondisi psikologis yang sedang terguncang masuk rumah warga mencari anaknya.

“Ardian mendapatkan pesan dari warga Semarang yang mengetahui viralnya beliau melalui program nenek Sukiyah, beliau mendapatkan pesan kalau ada seorang nenek yang datang ke rumahnya dengan kondisi psikologis yang sedang terguncang,” ujar Humas MRI Jateng, Naufal, Selasa di Sampangan Kota Semarang, Polsek Gajah Mungkur, Jawa Tengah (4/2/2020).

Merespon hal itu, Ardian langsung bergegas untuk menuju lokasi tersebut, karena kebetulan dia sedang berada di Semarang. Sesampainya di lokasi didapati seorang nenek sedang duduk di teras rumah warga.

“Nenek itu mengaku ingin menemui anaknya di Semarang tapi tidak menemukannya, bahkan sempat terkena pukulan oleh orang yang menjadi tempat persinggahannya sebelum kami temukan,” ujar waga yang membantu nenek tersebut.

“Dengan kondisi sangat syok beliau memberitahu kepada kami ingin pulang ke purwodadi. Nenek tersebut tidak memiliki kartu identitas manapun dan menyulitkan kami untuk membawa beliau kembali ke rumahnya,” kata Naufal.

Karena nenek itu tak memiliki identitas jelas, Ardian dan relawan lainnya membawa ke Polsek Gajah Mungkur untuk melaporkan kejadian dan meminta bantuan.

“Dan Alhamdulillah mereka menerima kami dengan baik dan mengarahkan beliau untuk diantar ke Dinsos, dan nenek tadi sekarang sudah di Dinsos Jawa Tengah untuk dibantu mengetahui rumah pastinya,” ungkap Naufal.