Ratusan Rumah Hangus Terbakar, MRI Sulteng Buka Posko Kemanusiaan

Tolitoli, relawan.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, memberlakukan masa tanggap darurat bencana selama 14 hari pasca kebakaran yang menghanguskan 385 unit rumah di Kelurahan Sidoarjo, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Ahad (2/2/2020) pukul 22.30 WITA.

Merespon kebakaran yang terjadi di Tolitoli, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sulteng segera membuka posko kemanusiaan dan menyalurkan bantuan untuk warga terdampak.

“Kebutuhan mendesak saat ini bagi warga korban bencana adalah kebutuhan sehari-sehari, seperti makanan, pakaian dan sebagainya,” ujar salah satu relawan MRI Sulteng, Rabu (5/2/2020).

Sebelumnya, kebakaran hebat melanda permukiman padat penduduk di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Ratusan rumah ludes dan satu orang dikabarkan tewas dalam kejadian ini.

Kebakaran permukiman padat penduduk terjadi di Jalan Bubara dan Lumba-lumba, Kelurahan Sidoarjo, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Ahad malam (2/2/2020), sekitar pukul 22.30 WITA.

Menurut warga di lokasi kejadian, api dengan cepat merambat ke rumah-rumah lain yang awalnya berasal dari rumah salah satu warga yang berada di tengah permukiman. Usaha warga untuk memadamkan api tidak berhasil lantaran kencangnya angin.

“Api cepat menyebar. Saya dan keluarga langsung menyelamatkan diri, hanya barang berharga saja yang sempat kami selamatkan,” kata Haruni, warga Kelurahan Sidoarjo, Tolitoli, Senin (3/2/2020).