Banjir Tutup Akses Desa, MRI Balangan Bantu Warga

Paringin, relawan.id – Banjir yang melanda Desa Matang Hanau, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan telah menutup akses desa, tepatnya 19 km dari paringin, ibu kota Kabupaten Balangan. Sebanyak 49 keluarga atau 156 jiwa terpaksa harus bertahan seadanya di masjid, balai desa dan di sebuah gudang peralatan, Senin (10/2/2020).

Merespon hal itu, relawan MRI yang bertugas langsung melakukan pendataan dan berhasil menemui warga di sana. Dengan menggunakan kendaraan trail roda dua para relawan menembus jalan desa satu-satunya yang telah tergenang air setinggi 30-40 cm.

Pantauan relawan, warga di desa Matang Hanau masih memerlukan bantuan untuk bertahan di pengungsian, “bantuan pangan sudah ada berupa beras 5 kg, mie instan 2 kardus, sarden 10 kaleng, dan telur beberapa rak,” ujar relawan MRI Balangan, Rifansyah.

Kondisi pengungsi di balai desa cukup memprihatinkan. Bangunan hanya berupa lantai dan atap. Sedangkan pengungsi di sana kebanyakan ibu dan anak-anak.

“Warga membutuhkan selimut, kelambu, terpal, pakaian, diapers, pembalut, dan perlengkapan kebersihan,” jelas Rifansyah.

Meski hanya berdua, kedatangan mereka disambut hangat oleh warga. Salah seorang warga mengaku senang akhirnya ada yang mau mendengarkan mereka berkeluh kesah. “Baru dari ACT yang benar-benar datang untuk mendata dan berdiskusi dengan kami seperti ini,” ungkap Rifansyah mengutip ucapan warga.

Kondisi banjir di Desa Matang Hanau rupanya sudah rutin terjadi selama bertahun-tahun. Berdasarkan penuturan warga, tepatnya sudah berlangsung selama 11 tahun.

Merespon panggilan kemanusiaan itu, tim ACT akan bergerak Senin (10/2/2020) pagi, menyalurkan bantuan untuk warga Desa Matang Hanau. “Alhamdulillah ada kebaikan dermawan yang bisa kami sampaikan hari ini,” ujar ketua MRI Balangan, Nurul Yaqin.

Bantuan yang akan disalurkan antara lain selimut, pakaian, sembako, air mineral, pembalut, makanan ringan, perlengkapan mandi, sarden, susu, gula, dan teh. “Rencananya akan kami bawa pakai ban,” ungkapnya.

Dengan semangat kemanusiaan, relawan MRI terus mengobarkan kepedulian untuk para korban banjir di Balangan, Kalimantan Selatan.