MRI Bengkulu Gelar Mitigasi Bencana Gempa dan Banjir untuk Anak-Anak

Bengkulu, relawan.id – Bencana merupakan peristiwa atau rangkaian peristiwa yang dapat mengancam kapan saja, oleh karena itu Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Bengkulu melakukan sosialisasi mitigasi bencana gempa dan banjir di TK Kiddie Land, Jumat (7/2/2020).

Humas MRI Bengkulu, Silvia Varista mengatakan mitigasi bencana adalah sebuah program penanggulangan bencana yang harus dimiliki setiap masyarakat Indonesia terutama daerah-dareah rawan bencana seperti di Bengkulu.

“Maka dari itu, kami dari MRI Bengkulu membuat program yaitu MRI GOES TO SCHOOL untuk memberikan edukasi atau materi berupa mitigasi bencana yang sering terjadi di Indonesia seperti gempa, banjir, longsor, tsunami dan lain-lain. Dan pada kesempatan kali ini kami memberikan edukasi kepada anak-anak usia 3-6 tahun,” tuturnya.

Silvi menjelaskan, alasan MRI Bengkulu melakukan sosialisasi bagi anak-anak, karena usia tersebut yang paling rentan terkena bencana. “Kami berupaya mengedukasi anak-anak TK dan guru-gurunya karena guru adalah orangtua kedua,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Indonesia adalah salah satu negara yang berada dalam cakupan Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik. Beberapa negara lainnya juga termasuk dalam area ini di antaranya Selandia Baru, Filipina, Jepang, Alaska, Meksiko, Guatemala.

Letak Indonesia berada pada titik pertemuan lempeng-lempeng tektonik dunia, dikelilingi cincin api. Jalur sumber gempa di antaranya meliputi Aceh, Pulau Sumatera ke arah barat di antaranya Nias, Mentawai, dan barat Enggano.