Longsor di Ngamprah, Sekitar 80 Rumah Terdampak

Bandung, relawan.id – Bencana longsor dipicu pergerakan tanah menimbun 10 rumah di Kampung Hegarmanah, RT 03 RW 04, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (11/2/2020) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, namun dampak longsor dari bukit di pinggir Jalan Tol Purbaleunyi KM 118 itu juga mengancam 80 rumah, menimbun 3 hektare sawah, dan 4 kolam ikan.

Warga sekitar, Dian Aisyah (23) menyebutkan longsor itu terjadi secara tiba-tiba tanpa ada hujan sebelumnya. Kejadian longsor diperkirakan terjadi pada pukul 21.21 WIB.

“Sampai sekarang tanahnya masih bergerak. Warga masih histeris berlarian menyelamatkan diri,” ungkap Dian saat dihubungi, Selasa (11/2) malam.

Dia mengatakan, jumlah rumah yang terdampak belum bisa dipastikan karena pergerakan tanah masih berlangsung. Menurutnya ada kemungkinan bakal merambat ke pemukiman lain.

“Kira-kira ada puluhan (rumah) yang kena. Soalnya gelap jadi gak bisa lihat jelas. Belum ada petugas ke sini,” ujarnya.

Sementara itu, Humas Tol Purbaleunyi, Nandang Elan membenarkan ada peristiwa itu. Longsor itu terjadi di KM 118. Dia menjelaskan, jarak longsor dan bahu jalan hanya berjarak 8 meter.

“Info terkini dari TKP, longsor masih terus berlangsung mendekati jalur tol. Jadi untuk tim segera akan ke TKP sementara pasang rambu,” paparnya.