Selain Buat Awet Muda, Tertawa Bermanfaat untuk Kesehatan

Jakarta, relawan.id – Gaya hidup serba cepat saat ini menciptakan banyak tekanan pada pikiran. Ini bisa mengganggu kesehatan secara fisik dan mental, serta mengganggu kebahagiaan.

Salah satu cara untuk melawannya, adalah dengan tertawa. Tertawa sudah sejak lama dipercaya sebagai obat mujarab untuk mengembalikan semangat dan membuat seseorang lebih sehat. Selain itu, ternyata ada beragam manfaat tertawa yang perlu Anda ketahui.

Saat tertawa, hormon endorfin akan dilepaskan sehingga Anda akan merasa lebih baik. Selain bermanfaat untuk kesehatan mental, tertawa juga berpengaruh positif terhadap banyak organ tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat dari tertawa bagi kesehatan.

Reaksi kimia
Gerakan otot-otot di wajah ketika tertawa mengirimkan sinyal ke otak, yang menyebabkan pelepasan bahan kimia yang dikenal sebagai endorfin dan serotoninin. Ini akan meningkatkan mood dan membuatmu merasa senang.

Mengurangi hormon stres
Kortisol dan katekolamin adalah hormon yang dilepaskan sebagai respons terhadap skenario stres. Ketika endorfin dilepaskan sebagai hasil dari tertawa, kortisol dan katekolamin berkurang.

Merelaksasi otot dan menjaga jantung
Tertawa membersihkan paru-paru dengan cara mengisi kembali kadar oksigen serta nutrisi di seluruh tubuh. Tawa riang dapat meredakan ketegangan dan merilekskan otot. Orang yang tertawa secara teratur memiliki tekanan darah lebih rendah daripada rata-rata orang.

Meningkatkan kekebalan dan fungsi otak
Studi klinis telah menunjukkan bahwa tawa meningkatkan antibodi penangkal infeksi dan meningkatkan kadar sel-sel kekebalan kunci seperti sel darah putih.

Tertawa juga dapat meningkatkan memori. Tertawa merangsang sisi kiri dan kanan otak, menjaga otak tetap waspada dan memungkinkan untuk bisa menyimpan lebih banyak informasi di otak.

Tertawa juga terbukti merangsang area lobus frontal otak yang meningkatkan kemampuan berpikir logis dan membuat keputusan lebih baik.