Tingkatkan Kapasitas Relawan, MRI-ACT Kepri Gelar Volunteer Class

Kepri, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Wilayah Kepri kembali menggelar kegiatan Volunteer Class dengan tema “Penanganan Pertama pada Kecelakaan (P3K)” setelah sebelumnya berhasil menyelenggarakan Volunteer Class dengan materi pemadaman api ringan.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk peningkatan kapasitas MRI yang dilaksanakan pada hari Ahad, 23 Februari 2020 di Kantor ACT-MRI Kepri, Komplek Khazanah, Sukajadi, Kota Batam.

Ketua MRI Kepri, Guntar Saftawan mengatakan kegiatan ini untuk menambah wawasan, spesifikasi keahlian dan juga menarik minat bakat relawan yang akan bergabung di class medis, sehingga dapat membentuk relawan yang profesional, tangguh, dan selalu siap siaga dalam kondisi apapun.

“Kegiatan ini diikuti oleh 23 relawan dan pengurus MRI. Volunteer Class kali ini menghadirkan pemateri yakni Adiyanto sebagai Instruktur dari PMI Kota Batam,” ungkapnya.

Dalam Volunteer Camp kali ini selain memberikan motivasi, pemateri juga mengupas teknik Penatalaksanaan Pertolongan Pertama. Karena menjadi seorang relawan, pemahaman tentang pertolongan pertama sangatlah penting.

“Banyak terjadi kecelakaan atau kejadian yang menyebabkan korban meninggal di perjalanan atau saat menunggu pertolongan, dikarenakan tidak ada tindakan yang cepat dan tepat,” ujar Adiyanto.

“Korban tidak cukup hanya sekedar evakuasi, dia butuh tindakan yang tepat. kita tidak bicara takdir tapi ketika ada kasus Emergency apa yang harus kita lakukan? Karena ini berbicara tentang harapan hidup seseorang” tambahnya.

Usai pemaparan materi, di lanjutkan dengan Praktek Pertolongan Pertama mulai dari pemeriksaan fisik , teknik kompresi, penggunaan perban, teknik menggeser, memindahkan dan mengangkat korban. Pembicara pun memberikan waktu kepada peserta untuk Sharing Session.

“Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar. Kegiatan Volunteer Camp kali ini dibuat sangat ringan, menarik, dan asyik sehingga para relawan jadi bersemangat dan dapat memahami bahwa dunia relawan itu sangat menarik,” tukas Guntar.