Tips Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

Jakarta, relawan.id – Awal tahun 2020, hujan terus menerus mengguyur Jabodetabek dari pagi hingga malam terkadang menjadi rutinitas yang mau tidak mau harus kita hadapi. Pergantian musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan.  

Jika tidak segera mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius maka kemungkinan tubuh terkena penyakit akan lebih besar. Penyakit yang menjangkit dimusim penghujan ini bukan hanya rentan menyerang orang dewasa, anak-anak juga justru lebih berisiko.

Ada beragam penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim penghujan seperti flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit hingga demam berdarah juga tak kalah menjadi daftar penyakit yang banyak dijumpai saat musim penghujan

Dalam situasi seperti ini, ada baiknya Anda menjaga daya tahan tubuh. Menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan tidaklah sulit. Simak tips agar tetap sehat saat hujan dan banjir berikut:

1. Selalu Sedia Payung

Agar tetap sehat di musim hujan, pastikan tubuh dan pakaian yang dikenakan tetap kering. Karena itu, jangan lupa membawa payung kemanapun Anda pergi. Meskipun cuaca sedang cerah, hujan deras bisa turun kapan saja. Jika perlu pakailah jas atau jaket anti angin dan air ketika bepergian.

2. Jaga Asupan Nutrisi

Sangat penting memenuhi kebutuhan gizi agar tubuh tetap sehat dan tak mudah terserang penyakit kala hujan. Makanlah buah-buahan beraneka warna yang kaya antioksidan seperti vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa konsumsi nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, serat vitamin dan mineral.

3. Jaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi

Air secara tidak langsung mencegah dan terkadang bisa membantu menangani beberapa jenis penyakit. Dengan membuat tubuh tetap terhidrasi, air membantu mengatasi virus demam dan flu.

Sebab, air dapat ‘membersihkan’ tubuh dengan membuang kuman dan bakteri lewat ekskresi, seperti kencing dan keringat. Karenanya, jagalah tubuhmu tetap terhidrasi, terutama usai kehujanan, minimal dengan meminum air delapan gelas tiap harinya.

4. Hindari Jajanan di Pinggir Jalan Tanpa Kemasan

Seringkali saat cuaca dingin di tengah hujan, paling enak ngemil jajanan hangat di pinggir jalan sambil menunggu hujan. Namun, terkadang makanan yang dijual di pinggir jalan dengan keadaan tempat terbuka lebih rentan terpapar debu, dan bakteri. Sebaiknya, kurangi menyantap camilan tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Hindari Gigitan Nyamuk

Populasi nyamuk biasanya meningkat di musim hujan terutama jika banjir yang menjadi sarang nyamuk. Beberapa jenis nyamuk bisa menyebarkan penyakit, seperti demam berdarah. Untuk mengontrol dan menghindari gigitan nyamuk, bersihkan tempat-tempat yang paling sering jadi sarangnya, seperti kolong tempat tidur, tirai jendela, kamar mandi, juga pot bunga. Selalu sediakan losion anti nyamuk atau rebus serai agar aromanya membuat nyamuk menjauh.