Hand Sanitizer Habis, Ini Cara Membuatnya

Jakarta, relawan.id – Semua orang termasuk The Center of Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit setuju jika mencuci tangan dengan benar menjadi salah satu cara mencegah penularan penyakit, termasuk corona.

Sayangnya mencuci tangan dengan benar, yaitu menggunakan air dan sabun saat bepergian ada kalanya merepotkan. Apalagi kondisi saat ini, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan kebersihan dengan mencuci tangan, hand sanitizer sulit dicari.

Meski sulit, bukan berarti tak bisa lagi menggunakan hand sanitizer selagi bepergian. Sebab, hand sanitizer bisa dibuat sendiri, dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Adapun langkah untuk membuat hand sanitizer sendiri dengan cara menggunakan setidaknya 60% isopropil alkohol yang selanjutnya campurkan dengan gel lidah buaya. Disarankan untuk mencampurkan keduanya dengan perbandingan 2/3 isopropil alkohol dan sepertiga gel.

Cara penggunaan yang efektif adalah dengan membiarkannya secara menyeluruh di telapak tangan, kemudian mengeringkannya. Sementara itu, jika menyemprotkan beberapa tetes ke telapak tangan dan menggosok-gosok telapak tangan, disinyalir tidak memberikan dampak apa-apa.

Namun, menurut CDC hal itu tidak berfungsi bagi tangan yang berminyak atau kotor. Sebab, hal terbaik yang bisa dilakukan saat tangan kotor adalah mencuci tangan dengan baik, dan hindari menyentuh area wajah.

Lalu bagaimana dengan benda yang sering digunakan seperti ponsel? DCD menyebut, ponsel adalah salah satu media dengan daya sentuh tinggi alias paling banyak bersentuhan dengan pemiliknya.

Jika merasa khawatir dan menganggap ponsel tersebut pernah secara langsung berpindah tangan, gunakan tisu alkohol untuk membersihkannya.