Malu Berbicara Depan Umum, Ini Tipsnya

Jakarta, relawan.id – Bagi kebanyakan orang, berbicara di depan banyak orang menjadi sesuatu yang menakutkan. Tidak hanya ketika bicara di atas panggung namun juga misalnya ketika harus melakukan presentasi, dalam meeting, bahkan ketika menyampaikan kata sambutan di acara keluarga.

Alasan yang mendasari rasa takut tersebut sangat beragam. Namun jika boleh disimpulkan, hampir semuanya tentang kurangnya rasa percayaan diri yang kita miliki.

Percaya diri (self-confidence) adalah kemampuan individu untuk dapat memahami dan meyakini seluruh potensinya agar dapat dipergunakan dalam menghadapi penyesuaian diri dengan lingkungan hidupnya.

Pentingnya mempunyai rasa percaya diri harus kita pahami mulai kecil, sehingga kita lebih mudah mengembangkan potensi atau bakat yang dimiliki. Tapi kebanyakan dari kita pasti pernah merasakan tidak percaya diri saat berbicara di depan umum. Gimana sih cara Cara mengatasinya? Yuk, simak caranya dari Herly Bangkit

Ikhlas

Kenapa harus ikhas? Karena ketika ikhlas berarti kita melakukannya tidak ada beban, sebelum kepada teknisnya, kita harus paham dulu dengan masalah keikhlasan. Ketika kita sudah merasa ikhlas bahwa kemudian kita mau untuk percaya diri, maka baru kita masuk kepada tekniknya, yaitu terima terlebih dahulu bahwa rasa takut bukan menjadi musuh tetapi dia adalah bagian dari fitrahnya manusia.

Hadapi Rasa Takut

Cara terbaik untuk mengatasi rasa takut adalah menghadapinya secara langsung. Dengan melakukan sesuatu yang membuat kamu takut setiap hari dan mendapatkan kepercayaan dari setiap pengalaman, kamu akan melihat rasa percaya diri kamu meningkat. Jadi keluarlah dari zona nyaman dan kelola rasa ketakutanmu.

Berlatih

Jika Anda diberikan kesempatan untuk berbicara di depan umum untuk menyampaikan sebuah materi, maka cara terbaik melakukannya adalah dengan terus berlatih dan berlatih. Ketika Anda berlatih bisa meminta bantuan keluarga atau teman terdekat Anda untuk mendengarkan Anda menyampaikan materi. Jangan lupa untuk meminta koreksi dan juga masukkan terbaik dalam memperbaiki performa Anda ketika berbicara di depan umum.

Pelatih

Jika Anda masih kesulitan untuk berbicara di depan umum, maka mau tidak mau Anda harus mencari seorang mentor profesional. Dengan tujuan untuk melatih Anda berbicara di depan umum serta mendorong rasa percaya diri Anda.

Rasa tidak percaya diri berbicara di depan umum juga bisa disebabkan karena faktor psikologis. Dimana seseorang pernah trauma karena sikap orang lain yang meremehkannya ketika berbicara di depan umum. Karena itu Anda bisa melakukan sebuah terapi untuk bia menghilangkan rasa takut ketika berbicara di depan umum.