Tangkal Corona, FTI-UMI Membuat Hand Sanitizer

Makassar, relawan.id – Masker dan hand sanitizer menjadi barang langka di Indonesia. Banyak supermarket dan toko-toko yang kehabisan stok karena diborong. Selain itu, banyak juga yang menjual hand sanitizer dengan harga yang tak masuk akal.

Oleh karena itu, Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sulawesi Selatan membuat “hand sanitizer” (pendisinfektan tangan), hal itu dilakukan karena mulai langkanya selama beberapa pekan ini setelah merebaknya virus COVID-19.

“Sejak merebaknya wabah COVID-19 banyak yang mencari ‘hand sanitizer’ tapi pasokannya ke apotek itu sangat langka sehingga anak-anak mahasiswa di FTI UMI membuat sendiri,” kata Dekan FTI UMI Makassar Dr Zakir Sabhara saat dihubungi, Jumat (13/3/2020).

Ia mengatakan merebaknya virus COVID-19 di berbagai negara, termasuk Indonesia, membuat sejumlah produk kesehatan seperti “hand sanitizer” dan masker wajah menjadi langka karena banyaknya yang melakukan penimbunan.

Khusus untuk produk “hand sanitizer” itu, pihaknya memroduksi cukup banyak baik untuk digunakan oleh sivitas UMI Makassar maupun bagi masyarakat umum.

“Formula ‘hand sanitizer’ yang Insya Allah akan digunakan sehari-hari oleh sivitas akademika dan masyarakat yang membutuhkan. Ini akan diproduksi banyak, tak hanya memproduksi kita juga memberikan pengetahuan kepada masyarkat terkait pembuatan hand sanitizer yang bahannya mudah ditemukan seperti lidah buaya,” katanya.