Zakir Sabara, Sosok di Balik Tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan FTI-UMI

Jakarta, relawan.id – Fenomena alam berupa gempa, tsunami, dan likuifaksi mengguncang kawasan Sulawesi Tengah, tepatnya di Palu dan Donggala. Peristiwa itu menjadi duka mendalam untuk Indonesia tahun 2018. Belum usai Lombok berbenah, gempa disusul tsunami ‘datang’ sebulan kemudian. Masyarakat Indonesia pun saling ulurkan tangan. Bahkan, bantuan dari luar negeri juga berdatangan. Berbagai macam bantuan disalurkan.

Merespon hal itu, Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI-UMI) membentuk Tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan. Sebanyak 35 mahasiswa diberangkatkan untuk membantu korban gempa, tsunami, dan likuifaksi di sana, tak hanya itu mahasiswa pun membawa bantuan logistik untuk korban terdampak. Selama di Sulteng, Tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan FTI-UMI ditemani langsung oleh sang Dekan, yaitu Zakir Sabara.

“Dengan tekad yang kuat dari anak-anaku semua dan begitu antusiasnya ingin berkontribusi dalam kemanusiaan maka kami dari pihak fakultas memberikan izin. Tim yang dikirim itu bertujuan untuk membantu dan memberi kemanfaatan kepada korban bencana gempa dan tsunami di Sulteng saat itu, sekaligus meringankan beban yang dialami,” tuturnya.

Selama kurang lebih satu bulan, Zakir memimpin langsung mahasiswanya membantu masyarakat yang terdampak bencana di Sulteng.  Tak hanya di Sulteng, Tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan FTI-UMI pun kerap diterjunkan kebeberapa titik bencana seperti saat banjir di Konawe Utara, mereka memberikan bantuan dan menerjunkan mahasiswanya ke lokasi terdampak.

Sebagai sosok kunci di balik keberhasilan kerja-kerja kemanusiaan FTI-UMI, Zakir Sabara patut diacungi jempol, maka tak heran banyak lembaga yang memberikan apresiasi dan penghargaan atas kerjanya, seperti Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo, memberikan penghargaan karena selalu bergerak paling cepat dalam memberikan pertolongan kepada para korban setiap terjadi bencana alam, dan penghargaan Cendikia Award Masika Orwil Sulsel sebagai tokoh peduli sosial kemanusiaan.

“Tagline Sharing Is Caring yang melekat dengan FTI-UMI sebagai gambaran visi dan misi kampus yang peduli akan hal kemanusiaan, kita harus semakin peduli terhadap permasalahan kemanusiaan,” terang Zakir.

Zakir Sabara menyebut mahasiwa FT-UMI yang diterjunkan tidak sembarangan, jadi harus paham dengan keadaan di lokasi bencana dan harus memperhatikan safety prosedur, “jadi kita tidak mengirimkan mahasiswa yang tidak paham keselamatan diri sendiri. Kita itu mau membantu korban, bukan malah kita yang dibantu oleh korban. Jadi kita menurunkan mahasiswa sesuai dengan skill mereka masing-masing,” tukasnya.

Selain mengemban amanah sebagai Dekan, Zakir juga sehari-harinya menjadi dosen pada Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, UMI. Termasuk melakukan penelitian dan berkontribusi dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan sesuai dengan amanah Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Nama Lengkap : Dr. Ir. H. Zakir Sabara HW., ST., MT., IPM., ASEAN Eng.

Tempat / Tgl Lahir   : Ujung Lamuru, 24 Mei 1975

Jenis Kelamin : Pria

Gelar Akademik :

Sarjana Teknik (ST) : Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri UMI Makassar

Magister Teknik (MT) : Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri ITS Surabaya

Doktor (Dr) : Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang

Gelar Profesi :

Insinyur (Ir) : Program Profesi Insinyur (PPI) FTI-UMI Makassar

Insinyur Profesional Madya (IPM) : Persatuan Insinyur Indonesia (PII)

ASEAN Engineering (ASEAN Eng) : The ASEAN Federation of Engineering Organisations

(AFEO)

Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (AK3U) : Kementerian Tenaga Kerja

Penghargaan :

Juara 2 Nasional Fasilitator Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN), Jakartya, 16 Maret 2007.

Alumni Teknik Kimia Terfavorit dari Fakultas Teknologi Industri, UMI Makassar, Makassar, 23 Juni 2012.

Jong Celebes Award, Sebagai Tokoh Pemerhati Pemuda Bidang Inovasi dari Forum Kreatifitas Pemuda Sulawesi Selatan, Makassar, 28 Oktober 2018.

AFEO Honorary Member 2018 dari the ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO), Singapore, 14 November 2018.

#CelebesPoeple Award 2018 sebagai Tokoh Insipirasi, dari Celebes Media Group, Makassar, 3 Desember 2018.

Anugerah Pendidikan Indonesia, dari Ikatan Guru Indonesia (IGI), 20 September 2019 di Jakarta Convention Center Senayan Jakarta.

CENDIKIA AWARD sebagai “Tokoh Peduli Kemanusiaan” dari MASIKA ICMI Sulawesi Selatan, Makassar, 26 Oktober 2019