Cegah Penyebaran Covid-19, MRI Klaten Melakukan Penyemprotan Desinfektan

Klaten, relawan.id – Penyebaran virus Corona atau Covid-19 semakin mengkhawatirkan, beberapa negara di dunia telah terinfeksi virus asal Wuhan, China itu. Beragam cara telah dilakukan untuk menangkal penyebaran Covid-19 termasuk Indonesia. Oleh karena itu cara yang paling efektif adalah melalui pencegahan, seperti yang dilakukan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Klaten.

Hari ini, Selasa (17/3/2020) MRI-ACT Klaten melakukan kegiatan “Desinfeksi Pencegahan Penyebaran Covid-19” di sekitar kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kabupaten Klaten. Aksi kali ini dilakukan atas permintaan langsung dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Klaten, Wiyono, dengan alasan kawasan ini merupakan tempat pelayanan publik yang setiap harinya banyak orang yang berkunjung dari berbagai daerah.

Salah satu relawan MRI-ACT, Adhista mengatakan aksi ini merupakan tindak lanjut dari aksi MRI Klaten sebelumnya dimana sudah melakukan desinfeksi di 4 titik wilayah Klaten Utara. Pada acara “Forum Group Action Pencegahan Covid-19” di Kantor Kesbangpol, Senin (16/3/2020).

“Langkah MRI Klaten mendapat dukungan dari berbagai elemen bidang di pemerintahan Kabupaten Klaten. Dimana Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten mengatakan bahwa desinfeksi merupakan salah satu cara pencegahan penyebaran virus corona yang signifikan, sehingga meminta kami tetap meneruskan aksi ini kembali,” ujarnya, Selasa (17/3).

Selain itu, tujuan MRI-ACT  melakukan kegiatan desinfeksi ini guna memutus mata rantai Covid-19, dimana Klaten merupakan wilayah yang berada di antara Solo dan DIY. Seperti diketahui 2 daerah tersebut telah dikonfirmasi terdapat pasien positif corona, sehingga Kabupaten Klaten melakukan berbagai pencegahan karena berada di wilayah yang sangat rawan terpapar Covid-19.

“Semoga langkah awal MRI-ACT Klaten yang merupakan kelompok relawan yang pertama kali telah melakukan aksi pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten menjadi inspirasi seluruh elemen masyarakat untuk secara dini berusaha memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tuturnya.