Perlu Diketahui, Bersihkan HP Bisa Cegah Virus Corona

Jakarta, relawan.id – Saat ini, tidak ada yang lebih viral dari virus yang satu ini. Apa lagi kalau bukan Corona Virus Disease 2019 atau disingkat Covid 19. Masyarakat menyebutnya virus corona.

Virus yang berasal dari Wuhan, sebuah kota di China ini ditemukan pada pertengahan bulan Desember 2019. Virus ini telah menginfeksi lebih dari 100 negara di dunia termasuk Indonesia dan mengakibatkan lebih dari 6.400 orang meninggal dunia. Sehingga WHO menyatakan virus ini sebagai pandemi. Artinya, virus ini menyebar ke hampir seluruh dunia dan populasi dunia kemungkinan akan terkena infeksi yang diakibatkan oleh virus ini.

Tidak mengherankan jika situasi ini membuat gempar seluruh penduduk dunia. Beberapa negara yang terjangkit virus ini sudah mengambil langkah-langkah antisipatif untuk meminimalisir dampak dari terjangkitnya virus ini.

Indonesia masuk ke jajaran negara yang terinfeksi virus corona dan sudah ada 117 pasien positif yang dirawat intensi di sejumlah rumah sakit rujukan corona.

Penyebaran virus tidak hanya antar individu, namun pemilik ponsel pun disarankan untuk membersihkan ponsel mereka minimal satu kali sehari agar tak terinfeksi bakteri sampai virus corona.

Sebab, virus ini bisa menempel di benda mati dan bertahan hidup selama beberapa lama. Sebagai contoh, di Hong Kong pengunjung terinfeksi virus corona yang menyebar lewat benda-benda yang ada di kuil Budha setempat.

Otoritas kesehatan setempat memeriksa lokasi. Dari pemeriksaan ditemukan virus corona pada keran toilet dan beberapa benda lainnya.

Dari kasus ini, virus bisa saja menempel di mana pun termasuk panel untuk berpegangan pada kereta, bus, gagang pintu toilet, keyboard komputer, pegangan tangga, hingga ponsel Anda.

Berikut beberapa tips agar pengguna bisa meminimalisir jumlah virus dan bakteri dari ponsel:

1. Pakai Alkohol dan Air untuk Bersihkan Ponsel

Pemilik ponsel bisa mencampurkan air dan alkohol isopropil ke dalam botol penyemprot. Lalu, semprotkan campuran tersebut ke kain microfiber yang akan digunakan untuk membersihkan ponsel.

Tisu basah sebetulnya bisa juga digunakan, tetapi tisu basah harus mengandung alkohol agar ampuh bersihkan ponsel. Sebab, rata-rata tisu basah untuk bayi tidak memiliki kandungan alkohol.

2. Gunakan Pelindung Antimikroba

Anda disarankan menggunakan casing pelindung antimikroba untuk melindungi ponsel dari serangan bakteri. Dengan menggunakan pelindung ini, pengguna bisa mengurangi jumlah bakteri yang bersarang di ponsel Anda.

Penutup ponsel anti bakteri ini difungsikan untuk melapisi anti gores pada ponsel yang digunakan untuk menjaga ponsel dari kerusakan fisik.

3. Gunakan Cotton Bud

Cottong bud bisa digunakan untuk membersihkan celah-celah yang sulit terjangkau di ponsel untuk membersihkan debu hingga bakteri. Jangan lupa juga menyelupkan cotton bud dengan cairan alkohol.

4. Pakai Cuka Putih

Cuka putih di dapur juga bisa digunakan untuk membersihkan bakteri di ponsel. Caranya, campurkan cuka putih dan air steril dengan komposisi 50:50.

Lalu, basahi kain mikrofiber dan cotton bud untuk membersihkan ponsel dari bakteri.

5. Kurangi Pengunaan Ponsel di Toilet

Terakhir, kurangi penggunaan ponsel di toilet. Meski Anda telah mencuci tangan, bakteri akan tetap menemukan cara agar bisa bersarang di ponsel.