Cegah Penyebaran Covid-19, MRI-ACT Sulsel Lakukan Desinfeksi di Masjid

Sulsel, relawan.id – Penyebaran Covid-19 di Indonesia sudah sampai pada fase yang tidak bisa dianggap remeh, termasuk di Sulsel. Meskipun mis informasi tentang suspect dan penderita di Sulsel masih terjadi, upaya pencegahan terus dilakukan sejumlah kalangan mulai dari segmen pemerintah, universitas, maupun lembaga independen.

Merespon hal ini, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan melakukan aksi disinfeksi di beberapa tempat seperti masjid di Makassar yaitu Masjid Jami’ Al-Azhar Alauddin, Masjid Nurul Fatwa Bontomanai, dan Masjid Al-Ihsan Alaudin.

Salah satu relawan MRI Sulsel mengatakan kegiatan ini harus secepatnya dilakukan mengingat penyebaran virus corona yang begitu masif, oleh karena itulah MRI-ACT melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat khususnya tempat yang digunakan untuk ibadah.

“Kami melakukan pembersihan secara menyeluruh terhadap fasilitas, perlengkapan ataupun peralatan yang digunakan bersama. Upaya pencegahan ini melalui penyemprotan cairan disinfektan yang rencananya akan dilakukan secara berkala,” ungkapnya, Kamis (19/3/2020).

Sebagai informasi penyebaran virus corona di seluruh dunia semakin meluas. Hingga Rabu (18/3/2020) pagi, sebanyak 152 negara telah mengonfirmasi terjangkit virus corona, yang awalnya diketahui menyebar di Kota Wuhan, China tersebut.

Dilansir dari peta penyebaran Covid-19, Coronavirus COVID-19 Global Cases by John Hopkins CSSE, jumlah pasien yang sembuh tercatat sebanyak 80.840 orang. Sementara itu, jumlah kasus virus corona di seluruh dunia telah mencapai 197.168 kasus dengan korban meninggal sebanyak 7.905 orang.