Ini Peran Relawan Kemanusiaan dalam Mengatasi Pandemi Covid-19

Jakarta, relawan.id – Sekretaris Jenderal Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), Ibnu Khajar mengajak seluruh relawan kemanusiaan untuk bergerak membantu menghentikan penyebaran virus Covid-19.

“Kami mengajak relawan untuk ikut menenangkan masyarakat. Ini penting agar kondisi psikologis masyarakat tetap terjaga, agar tidak menjadi panik atau hal-hal negatif lainnya,” jelas Ibnu di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Selain itu, menurut Ibnu relawan juga bisa berperan ikut mencegah penularan dengan membantu sosialiasasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan ikut mengkampanyekan social distancing (jaga jarak social).

“Mari gunakan gawai yang kita miliki untuk mengkampanyekan cara-cara pencegahan penyebaran virus Covid-19. Banyak riset dan bukti empiris yang menyatakan social distancing cukup efektif mencegah penyebaran virus,” ungkap Ibnu.

Lebih rinci, bagi relawan yang tidak memiliki latar belakang medis, tidak perlu ikut untuk mengobati orang penderita Covid-19.

“Itu menjadi tugas dokter dan tenaga medis lainnya. Kita akan mendukung mereka dengan cara lain, yang menjadi keahlian kita selama ini,” tegasnya.

Terakhir, Ia juga mengajak relawan agar tak henti menyebarkan ajakan kepedulian untuk membantu penderita, dokter, tenaga medis dan siapapun yang sedang berjibaku menyelesaikan persoalan pandemic Covid-19 di Indonesia.

“Mereka (dokter dan tenaga medis) adalah pahlawan, dan relawan jangan mau kalah amal kebaikan dari mereka. Kita ajak sebanyak-banyaknya masyarakat untuk peduli. Insya Allah kita bisa mengatasi persoalan ini Bersama-sama,” pungkas Ibnu.