Cegah Penyebaran Covid-19, MRI Semarang Melakukan Penyemprotan Disinfektan di Lapas

Salatiga, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19, dengan penyemprotan disinfektan di berbagai daerah, salah satunya di Rumah Tahanan Kelas II B Salatiga, Jawa Tengah, Senin (23/3/2020).

Relawan MRI Kabupaten Semarang, Ardian Kurniawan Santoso mengatakan, penyemprotan disinfektan di penjara dilakukan, karena tempat itu dianggap memiliki potensi sebaran virus, terlebih kondisi di sana yang sulit menjaga jarak.

“Teman-teman di lapas ini, bisa mengeluarkan pakaiannya dari ruang tahanan untuk dijemur karena virus bisa saja menempel di pakaian dengan masa umur hidup yang cukup lama. Selagi itu, kami akan menyemprotkan cairan disinfektan,” ungkap Ardian di hadapan narapidana Rutan Kelas II B Salatiga.

Bersama dua relawan MRI Salatiga lainnya, Ardian dengan cekatan menyemprotkan disinfektan. Cairan ini dianggap ampuh membunuh Covid-19. Tiap celah dan ruangan di dalam rutan disemprot hingga merata.

Ardian merupakan mantan tahanan di Rutan Kelas II Salatiga. Selepas keluar dari masa tahanan beberapa tahun lalu, ia memilih menjadi relawan. Berbagai aksi kemanusiaan telah ia jalani, dan penjara tempat ia mendekam tak pernah dilupakannya sebagai tempat untuk melakukan aksi kemanusiaan.

“Sebelum penyemprotan ini, sudah sering sih ke sini. Kadang distribusi makanan siap santap atau susu atau biskuit gitu buat teman-teman yang masih di dalam tahanan. Aksi itu biar teman-teman di sana (yang masih di penjara) bisa berbuat baik juga kalau sudah keluar,” ungkap Ardian dilansir ACTnews, Selasa (23/3/2020).

Menggunakan kendaraan miliknya yang disulap sebagai angkutan berbagai keperluan aksi, Ardian melanjutkan penyemprotan ke Lapas Boyolali. Lapas itu juga pernah menjadi tempat Ardian ditahan setelah di Salatiga.

Daniel selaku Kepala Rutan Kelas II B Salatiga mengatakan, aksi yang dilakukan Ardian dan teman-teman MRI lainnya merupakan langkah yang tepat untuk mencegah virus corona. Rutan Kelas II B Salatiga sendiri telah melakukan pencegahan lain dengan meniadakan kunjungan ke tahanan untuk sementara waktu. “Berbagai langkah bersama ini kita lakukan demi melawan corona,” ujarnya.

Hingga kini, di berbagai lokasi, MRI dan ACT terus menyemprotkan cairan disinfektan. Di tempat umum seperti tempat ibadah, penjara hingga sekolah-sekolah jadi target utama. Tak hanya itu, MRI dan ACT juga mendistribusikan pangan bagi masyarakat yang perekonomiannya terganggu akibat bencana Covid-19 ini.