Cerita Relawan MRI, Bantu Masyarakat yang Membutuhkan

Oleh: Bagus Ibnu Siddiq

Jakarta, relawan.id – Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) terus berupaya membantu masyarakat yang membutuhkan, seperti yang dilakukan Bagus relawan MRI.

Saat itu kondisi sedang hujan, saya bersama tim MRI menuju pulang ke markas komando Ciputat, karena sudah menjalankan tugas kemanusiaan yaitu melakukan penyemprotan disinfektan di SPBU, Jalan Pemuda Kavling 3-4 Rawamangun, Jakarta sekitar pukul 14.00 WIB.

Dalam perjalanan, saya memperhatikan sudut sebelah kiri, tiba-tiba dia melihat seorang laki-laki membonceng seorang ibu bernama Evi Mardiana Novita yang menggunakan selang pernapasan, melihat hal itu, Bagus pun segera turun dari mobil bersama teman-temannya untuk membantu si ibu dengan memberikan tumpangan sampai rumahnya.

Di dalam mobil, kita pun menanyakan perihal si bapak dan ibu memilih menerobos hujan, padahal si ibu kondisinya menggunakan alat bantu pernafasan. Si bapak yang diketahui bernama Ebi menjelaskan alasannya menerobos hujan.

“Sebenarnya saat saya jalan dari Rumah Sakit Persahabatan masih mendung, tapi di tengah perjalanan hujan pun turun,” ujarnya.

Oleh karena itulah, saya bersama tim membantu si ibu untuk mengantarkan hingga rumahnya, dan diketahui sakit yang diderita si ibu adalah TBC dan paru-parunya hanya ada satu yang berfungsi normal. Setiap harinya si ibu rutin untuk check up ke rumah sakit dan biaya sehari-hari digunakan untuk membeli tabung oksigen.

Beberapa menit kemudian, saya dan tim pun sampai rumah ibu Evi di daerah Sawah Besar. Pak Ebi pun menggendongnya untuk masuk ke gang rumahnya, hal itu dikarenakan ia tidak memiliki kursi roda. Sebetulnya ibu Evi ingin menggunakan kursi roda, tapi karena harganya yang lumayan mahal, jadi ibu Evi pun mengurungkan niatnya. Diketahui sang suami kerja sebagai security di Kota Tua.