Tips Atasi Cemas di Tengah Pendemi Covid-19

Jakarta, relawan.id – Pandemi COVID-19 menimbulkan kecemasan dan kepanikan massal. Beberapa cara dan teknik relaksasi bisa Anda lakukan di rumah untuk meredam stres akibat paparan informasi terkait virus corona.

Kecemasan dan kepanikan dapat menimbulkan korban, baik secara fisik maupun psikologis. Ketakutan tumbuh subur dalam atmosfer serba kebingungan seperti saat ini.

Tak hanya pada orang dengan gangguan cemas, ketakutan juga bisa terjadi pada siapa pun tanpa gangguan mental penyerta sebelumnya.

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meredam cemas yang mulai melanda adalah sebagai berikut:

1. Batasi akses media sosial

Disarankan untuk membatasi diri maksimal 30 menit memantau media sosial. Terlalu banyak informasi, yang tidak semuanya penting, bisa memperburuk serangan rasa cemas.

2. Fokus ke hal-hal yang bisa dikontrol

Sejujurnya ada banyak hal yang berada di luar kendali. Satu-satunya yang pasti bisa dilakukan adalah jaga diri, melindungi dari risiko tertular. Misalnya dengan saling menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

3. Sibukkan diri

Pembatasan sosial dengan tetap berada di rumah bukan berarti tidak melakukan apa-apa. Menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif tidak hanya mengalihkan rasa cemas, melainkan juga jadi lebih produktif.

4. Tumpahkan pada waktunya

Bagaimanapun, rasa cemas itu wajar di tengah berbagai ketidakpastian. Yang tidak boleh adalah berlebihan. Akan sangat membantu jika bisa mengatur waktu untuk sejenak menumpahkan segala kecemasan, baik dengan curhat maupun menuliskannya dalam catatan harian.

5. Pilih teman yang baik

Jika butuh curhat, cari teman yang bisa memahami perasaan tanpa menghakimi. Hindari juga teman yang justru bikin tambah panik.