Tips Agar Terhindar Covid-19 Bagi yang Bekerja di Luar Rumah

Jakarta, relawan.id – Merebaknya wabah virus corona membuat beberapa perusahaan dan instansi pemerintahan, utamanya di negara terdampak mewajibkan karyawannya bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Walaupun demikian, tidak semua warga bisa melakukan hal tersebut. Salah satunya karena tuntutan pekerjaan yang memaksa dia tetap bekerja di luar rumah. Bagi mereka yang tidak bisa melakukan pekerjaan dengan berdiam diri di rumah, ada 6 langkah tips dari dr. Akhmad Isna Nurudinulloh yang bisa kita lakukan demi terhindar dari infeksi virus corona.

1. Gunakan Masker

Sebenarnya, masker hanya diperlukan untuk mereka yang sedang sakit, untuk mencegah penularan pada orang lain. Namun untuk berjaga-jaga, masker juga tetap dibutuhkan untuk ke luar rumah, apalagi jika hendak mendatangi tempat yang ramai.

Tapi, kini masker adalah barang yang sulit ditemukan dan kalaupun ada harganya bakal mahal. Jika hal itu terjadi, Anda masih bisa menggunakan masker kain, dengan menambahkan tisu di bagian dalam. Dan jangan lupa mengganti masker setelah digunakan keluar rumah.

2. Sarung Tangan

Selain masker, penting juga untuk memakai sarung tangan, bagi yang terpaksa harus keluar rumah, dengan begitu tangan akan terhindar dari virus yang menempel di tangan. Namun ingat, jika sudah digunakan harus dibuang.

3. Jangan lupa bersihkan diri

Bagi mereka yang terpaksa keluar rumah, begitu sampai rumah jangan dulu rebahan atau bersantai dengan keluarga. Yang harus dilakukan pertama adalah mandi dan keramas sebelum bertemu orang rumah.  

4. Cuci Baju

Bukan hanya tubuh yang harus dibersihkan. Baju yang dipakai saat keluar rumah juga harus langsung direndam menggunakan deterjen, kemudian kucek dan bilas hingga bersih

5. Konsumsi Vitamin

Demi menangkal virus corona, imun tubuh haruslah bagus. Salah satu caranya dengan mengonsumsi buah. Pilihan lain, bisa mengonsumsi suplemen vitamin ataupun minuman herbal seperti jahe.

6. Istirahat dan tidur cukup

Ketika badan lelah di luar rumah seharian untuk bekerja, diwajibkan bagi orang tersebut tidur dengan cukup. Perlu diketahui, tidur memiliki banyak manfaat, salah satunya memperkuat sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, demi selalu sehat di tengah wabah corona, kamu harus memperhatikan waktu istirahat.