Bantu Masyarakat Hadapi Covid-19, ACT-MRI Berkolaborasi dengan TNI Gelar Operasi Beras Gratis

Jakarta, relawan.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) berkolaborasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) menggelar Operasi Beras Gratis (OBG) kepada masyarakat di Jadetabek, sebagai aksi kolaborasi kepedulian dalam menghadapi pendemi virus corona (Covid-19).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang diwakili oleh Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto bersama Dewan Pembina ACT Ahyudin melepas langsung bantuan tersebut di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (2/4/2020).

Dalam tahap awal, pada Kamis sebanyak 70 ton beras dalam kemasan 5 kg dan sejumlah air mineral kemasan 600 mililiter akan dibagikan kepada masyarakat dari rumah ke rumah warga di sepuluh tempat agar tidak menimbulkan kumpulan masyarakat dalam satu wilayah

Direncanakan bantuan pangan tersebut akan didistribusikan sebanyak 1.000 ton beras dan 1.000 karton air minum dalam jangka waktu hingga satu bulan ke depan.

Bantuan pangan tersebut diangkut dengan menggunakan armada TNI yang langsung didistribusikan oleh prajurit TNI dan relawan MRI ke setiap rumah warga.

Adapun wilayah yang menjadi lokasi pembagian bantuan pangan tesebut adalah Jakarta Pusat (Petamburan/Tanah Abang), Jakarta Timur (Jati/Pulau Gadung), Jakarta Selatan (Jagakarsa), Jakarta Barat (DuriKepa/Kebun Jeruk), Jakarta Utara (Pademangan Barat), Depok (Cimanggis), Kabupaten Tangerang (Rancagong Legok), Tangerang Selatan (Peduren/PD. Pucung), Kota Bekasi (Bantar Gebang) dan Kabupaten Bekasi (Cibarusah).

Sebelumnya, ACT menginisiasi distribusi bantuan pangan untuk beberapa rumah sakit yang dijadikan rujukan pasien Covid-19, Armada Food Truck ACT telah ditempatkan di banyak rumah sakit untuk melayani kebutuhan makanan bagi tenaga medis, pasien dan keluarganya serta pihak manajemen rumah sakit. Termasuk di RS darurat Corona di Wisma Atlet di bawah pengawasan langsung TNI.

Program lainnya yang telah dan masih berjalan bersama TNI saat ini adalah Operasi Makan Gratis. Lebih dari sepekan ACT merajut kerjasama dengan 1000 warteg sejabodetabek agar bisa menyediakan 100.000 paket makanan siap saji setiap hari.