Selain Tangkal Covid-19, Ini Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

Jakarta, relawan.id – Pemerintah Indonesia masih terus berupaya menangani wabah virus corona. Namun agar virus tersebut tidak menyebar luas, masyarakat diimbau untuk rajin cuci tangan pakai sabun.

Selain itu juga menjaga jarak sosial, berdiam diri di rumah, berolahraga, dan berjemur diri di bawah matahari. Tak kalah penting, masyarakat juga harus bisa menjaga pola makan yang sehat.

Menjaga kesehatan agar tidak mudah diserang oleh virus corona tentu merupakan bagian yang tidak terlepas untuk dapat dilakukan.

Tapi bagaimana caranya? Apakah mengonsumsi makanan sehat bisa mencegah corona? Lantas, makanan seperti apa yang sehat itu? Atau jenis buah apa yang bisa mencegah corona?

Baru-baru ini tim peneliti gabungan Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengungkap: ada tiga bahan alam Indonesia yang diduga mampu mencegah virus corona COVID-19. Salah satunya adalah kulit jeruk.

Memang, beberapa penelitian telah mengungkap manfaat kulit jeruk. Uniknya, kandungan vitamin C pada kulit jeruk ternyata lebih tinggi dari buahnya.

Supaya kenal lebih dekat dengan kulit jeruk, ini 5 manfaat kulit jeruk:

1. Mengurangi peradangan

Peradangan merupakan respons imun yang dirancang untuk melindungi dari sebuah penyakit dan infeksi. Kulit jeruk bisa mengurangi peradangan, karena sifat anti-inflamasi yang ada di dalamnya. Anti-inflamasi tersebut kabarnya bisa mengurangi kadar penanda inflamasi spesifik yang dikaitkan dengan penyakit kronis.

2. Melawan kolesterol

Menurut penelitian dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, kulit jeruk mengandung flavonoid yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Tak hanya itu, keberadaan senyawa tersebut juga bisa melawan radikal bebas pemicu penyakit berbahaya.

3. Kaya antioksidan

Bukan rahasia lagi kalau jeruk mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Begitu juga dengan kulitnya. Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Biomedical Science, menyebut bahwa antioksidan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Antioksidan bisa membantu melindungi tubuh terhadap kondisi kronis. Seperti penyakit jantung, kanker, hingga diabetes.

4. Lebih kaya vitamin c

Ini dia manfaat kulit jeruk yang paling menarik. Dalam penelitian di atas, disebutkan juga bahwa mengonsumsi kulit jeruk bisa memberikan manfaat 20 kali lebih besar dibanding mengkonsumsi jeruk itu sendiri.

Mungkin kurang diketahui bahwa kulit jeruk juga kaya vitamin C. Dilansir Food Data Central, 1 sendok makan (6 gram) kulit jeruk memberikan 14 persen Nilai Harian (DV) vitamin C. Jumlah ini hampir tiga kali lebih banyak daripada buahnya.

5. Lebih kaya serat sehingga baik untuk pencernaan

Serat dalam satu sendok makan kulit jeruk juga empat kali lebih banyak daripada buahnya. Studi yang diterbitkan di PubMed Central juga menunjukkan bahwa diet tinggi vitamin C dan serat bermanfaat bagi pencernaan.

6. Mengelola diabetes dan berat badan

Dari Food Data Central juga didapati bahwa kulit jeruk kaya akan senyawa tanaman yang disebut polifenol, yang dapat membantu mencegah dan mengelola banyak kondisi kronis, seperti diabetes tipe 2, obesitas, dan Alzheimer. Sementara itu penelitian di PubMed Central menjelaskan bahwa kandungan polifenol dalam kulit jeruk secara signifikan lebih tinggi dari pada buahnya. Polifenol dalam kulit jeruk sangat berpotensi sebagai anti kanker.

7. Anti Kanker

Selain karena polifenolnya, hampir 90 persen minyak atsiri dalam kulit jeruk terdiri dari limonene, bahan kimia alami yang telah dipelajari untuk sifat anti-inflamasi dan antikanker. Kulit jeruk pun sangat baik untuk melawan kanker kulit.

Jadi, enggak ada salahnya untuk minum jus jeruk dengan kulitnya. Pastikan kamu membeli jeruk yang organik, bebas pestisida. Lalu, selalu cuci di air mengalir sebelum kamu mengonsumsinya.