Virus Covid-19 Serang Pernapasan, Sayuran Ini Baik untuk Paru-Paru

Jakarta, relawan.id – Serangan virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) mula-mula adalah menyasar sistem pernapasan manusia. Maka salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan kesehatan paru-paru.

Hingga kini, virus yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, China pada akhir Desember 2019 lalu telah menginfeksi lebih dari satu juta orang di seluruh dunia dan menjalar ke lebih 170 negara. Termasuk Indonesia.

Jika untuk menjaga daya tahan tubuh demi tak terinfeksi virus, ada banyak makanan-makanan yang bernutrisi tinggi dan baik untuk paru-paru. Berikut ini sayuran yang bisa menjaga kesehatan paru-paru agar terhindar dari virus. Yuk Simak!

Wortel

Sayuran ini memang kaya manfaat. Dilansir dari Sunwarrior, wortel tak hanya mengandung vitamin A yang baik untuk mata, tetapi juga mengandung vitamin C dan lycopene, antioksidan yang baik untuk tubuh dan menjaga kesehatan paru-paru. Zat dan vitamin tersebut dapat membantu menurunkan resiko penyakit paru-paru lebih lanjut. Bahkan menurut para ilmuwan, minum jus wortel membantu mencegah kanker paru-paru pada perokok.

Brokoli

Sayuran hijau dipercaya sangat baik untuk paru-paru, tak terkecuali brokoli. Menurut para ahli dalam Medical News Today, brokoli mengandung antioksidan dan vitamin yang tinggi, yaitu senyawa sulforaphane (SFN) yang mampu melindungi organ dari kerusakan karena tekanan oksidatif.

Senyawa SFN ini dapat meminimalisir jumlah sel induk kanker positif hingga 80 persen, hingga pertumbuhannya bisa berhenti. Oleh karena itu, brokoli mampu meningkatkan kesehatan paru-paru dan mencegah terjadinya kanker.

Brokoli pun dipercaya dapat membantu penderita gangguan paru obstruktif kronis, yaitu penderita dengan gejala sesak napas, batuk, asma dan mengandung banyak dahak. Hal ini tentu mengganggu pernapasan, bahkan mengakibatkan komplikasi pernapasan dan jantung. Maka, jalan terbaik untuk sembuh dari penyakit pernapasan rajin mengonsumsi sayuran, termasuk brokoli.

Bayam

Bayam pun tak kalah manfaatnya dengan brokoli. Dikutip dari Stylecraze, para ilmuwan mengungkapkan bahwa Bayam mengandung vitamin B yang dapat menjaga kesehatan paru-paru. Bayam menjadi alternatif untuk sakit pada pernapasan, karena mengandung senyawa phytochemical. Dengan kandungan senyawa phytochemical ini pun, bayam dapat mencegah kanker. Konsumsi bayam dengan direbus, lalu hasil rebusan diminum setelah dingin setidaknya satu cangkir rutin dan teratur, pada waktu siang dan malam atau setiap hari dapat menurunkan sakit pada pernapasan dan resiko kanker paru-paru. Bayam pun dapat disajikan dan dinikmati sebagai salad. Jadi, tak hanya nikmat, tetapi juga memiliki manfaat dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Kale

Dijuluki ratu sayuran hijau, tentunya kale punya segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Dilansir dari Medical News Today, Kale memiliki beragam vitamin di dalamnya, selain vitamin K, kale pun mengandung vitamin C dan vitamin A serta antioksidan, yang mampu meningkatkan kesehatan mata dan meminimalisir penyakit pernapasan seperti asma. Kale bisa menjadi asupan alternative bagi para penderita asma maupun penyakit pernapasan lainnya. Sayuran ini pun dapat diolah menjadi salad, jus, maupun sup.

Mulai sekarang, biasakan diri dan rajin lah untuk menyantap sayuran. Selain untuk paru-paru sayuran-sayuran di atas pun memiliki manfaat lain yang baik untuk tubuh. Apalagi di tengah virus yang sedang melanda negeri ini, makan makanan sehat sangat dibutuhkan agar imun kita tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.